Dinas PU Gunting Puluhan Kabel Internet Semrawut dan Potong Tiang yang Halangi Jalan di Ciputat 

Ulah provider Internet yang memasang kabel dan tiang di sepanjang Jalan WR Supratman, Ciputat Timur, Tangerang Selatan (Tangsel), sudah keterlaluan. 

Penulis: Jaisy Rahman Tohir | Editor: Wahyu Septiana
Dinas PU Tangsel
Pemutusan kabel semrawut di Jalan WR Supratman, Ciputat Timur, Tangsel, Selasa (21/9/2021). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Jaisy Rahman Tohir 

TRIBUNJAKARTA.COM, CIPUTAT TIMUR - Ulah provider Internet yang memasang kabel dan tiang di sepanjang Jalan WR Supratman, Ciputat Timur, Tangerang Selatan (Tangsel), sudah keterlaluan. 

Pasalnya, belasan bahkan puluhan jalur kabel berbagai provider itu sangat berantakan, bahkan sampai menjuntai dan mengganggu warga yang melintas.

Sementara, belasan atau 20-an tiang tertanam di badan jalan, dan tentu saja mengganggu arus lalu lintas.

Dalam keterangan resminya, disebutkan, Dinas Pekerjaan Umum (PU) bersama Camat dan Kasi Trantib Ciputat Timur telah memanggil sejumlah pihak provider internet pada 20 Agustus 2021 di Aula kecamatan Ciputat Timur. 

Dari pertemuan itu, disepakati bahwa pihak provider bersedia memindahkan tiangnya dan merapikan kabel di sepanjang Jalan WR Supratman dengan batas waktu Senin, 20 September 2021.

Pemutusan kabel semrawut di Jalan WR Supratman, Ciputat Timur, Tangsel, Selasa (21/9/2021).
Pemutusan kabel semrawut di Jalan WR Supratman, Ciputat Timur, Tangsel, Selasa (21/9/2021). (Dinas PU Tangsel)

Pada point terkahir kesepakatan itu juga disebutkan bahwa pihak provider internet pemilik utilitas tidak akan menuntut pertanggungjawaban apapun kepada Pemerintah Kota Tangsel apabila dibongkar lantaran kabel dan tiang tidak kunjung dirapikan.

Pada rapat kedua bersama pihak Asosiasi Penyelenggara Jaringan Telekomunikasi (Apjatel) tanggal 31 Agustus 2021, selain melaporkan progres anggotanya yang telah memindahkan, seperti First Media 36 buah, Moratel 57 buah, Fiber Star 15 buah sudah memindahkannya, masih ada beberapa yang belum pindah.

Baca juga: Maling Bawa Kabur 30 Gulungan Kabel Proyek Gedung Labkesda Tangerang Selatan

Sampai tanggal yang ditentukan, masih ada kabel provider yang berantakan dan tiangnya tidak dicabut.

Alhasil, hari ini, kabel dan tiang yang kacau balau tidak tertata itu diganting dan dipotong.

“Hari ini Selasa, 21 September 2021 petugas kita lakukan pemutusan kabel-kabel yang masih terpasang ke tiang, lalu pemotongan tiang dilakukan bersama Satpol PP menggunakan mesin gerinda dari pihak ketiga. Kami juga sudah koordinasi dengan Satpol PP," kata Kepala Dinas PU Tangsel, Aries Kurniawan, Selasa (21/9/2021).

Aries mengaku ada beberapa Provider yang telah memindahkan tiang dan kabelnya beberapa waktu lalu, dan masih ada beberapa provider yang ingin meminta tenggang waktu lagi.

Pemutusan kabel semrawut di Jalan WR Supratman, Ciputat Timur, Tangsel, Selasa (21/9/2021).
Pemutusan kabel semrawut di Jalan WR Supratman, Ciputat Timur, Tangsel, Selasa (21/9/2021). (Dinas PU Tangsel)

"Provider yang telah bekerjasama dan berusaha memindahkan kami sampaikan banyak terima kasih, bagi yang masih belum memindahkan kami mohon maaf kita utamakan kepentingan keselamatan pengguna jalan dan pejalan kaki," kata Aries.

Kepala Bidang Bina Marga Dinas PU Tangsel, Budi Rachmat mengatakan, untuk pemotongan tiang, pihaknya berkoordinasi dengan Satpol PP untuk menyediakan petugas lapangan, menggunakan alat potong berupa mesin gerinda.

"Kami akan gunakan pihak ketiga, enggak mungkin kami kerjakan sendiri namun sementara ini dari pihak Dinas PU akan menurunkan petugas untuk malakukan pemutusan kabel-kabel yang masih terpasang, kita on progress waktu pelaksanaan kurang lebih dua minggu karena tergantung cuaca dan tukang karena masih banyak yang belum melakukan pemindahan," kata Budi 

Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved