Breaking News:

Dosen FKIP Uhamka Memberikan Solusi Melalui Pengabdian Masyarakat yang Unggul dan Bermanfaat

Pengabdian masyarakat salah satu Catur Dharma Perguruan Tinggi yang harus dilaksanakan oleh setiap dosen.

Editor: Muji Lestari
Dok FKIP Uhamka
FKIP Uhamka. 

TRIBUNJAKARTA.COM - Pengabdian masyarakat salah satu Catur Dharma Perguruan Tinggi yang harus dilaksanakan oleh setiap dosen.

Dosen-dosen FKIP Uhamka merealisasikan itu di berbagai lembaga seperti sekolah, karang taruna, kelompok anak jalanan maupun instansi pemerintah daerah.

Beberapa di antara mitra kegiatan ini adalah sekolah binaan Uhamka mulai dari tingkat Taman Kanak-Kanak (TK), hingga tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA)/ Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).

Smart Classroom FKIP Uhamka
Smart Classroom FKIP Uhamka (Dokumentasi FKIP Uhamka)

Para dosen dalam pengabdiannya di sekolah di antaranya, memberikan pelatihan budidaya ayam kampung super untuk mendukung pembelajaran siswa di jurusan tata boga SMK Muhammadiyah Cariu.

Selain itu, dosen FKIP Uhamka juga memberikan pelatihan debat ilmiah dan pembawa acara sebagai bentuk praktik dalam keterampilan public speaking yang menjadi dasar keterampilan berbahasa Indonesia, serta lomba yang sering diadakan di tingkat siswa, mahasiswa, maupun umum.

Keterampilan public speaking ini sangat positif karena dapat meningkatkan kepercayaan diri siswa saat berbicara di depan kelas maupun di hadapan umum.

Baca juga: FKIP Uhamka: Kesuksesan Alumni Bukti Mutu Pendidikan

Pengabdian ini tak hanya menyasar para siswa, tapi juga guru-guru.

Mereka mendapatkan pelatihan, di antaranya meningkatkan kompetensi TPACK dengan membuat media pembelajaran dan soal berbasis digital berbasis aplikasi pembelajaran yang tersedia secara gratis.

Kegiatan ini sangat membantu para guru terutama di masa pembelajaran daring saat ini, di mana mereka dituntut untuk melakukan pembelajaran secara interaktif yang menjadi kebutuhan bagi pengajar maupun pelajar.

Baca juga: 6 Program Unggulan FKIP Uhamka Gali Potensi Mahasiswa Tetap Berprestasi

Masih banyak lagi ragam pengabdian masyarakat yang telah dilakukan oleh dosen-dosen FKIP Uhamka dengan bermitra sekolah dan memberikan solusi bagi permasalahan guru dan siswa di sekolah.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved