Breaking News:

Kesemutan, Pegal, & Rasa Seperti Terbakar Pada Area Telapak Tangan, Hati-hati Carpal Tunnel Syndrome

Carpal Tunnel Syndrome atau biasa disebut CTS merupakan suatu kondisi yang terjadi ketika saraf dalam pergelangan tangan terhimpit.

Penulis: Pebby Ade Liana | Editor: Wahyu Aji
KOMPAS.COM
ILUSTRASI. Seseorang menderita kesemutan 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Pebby Adhe Liana

TRIBUNJAKARTA.COM, JAKARTA - Carpal Tunnel Syndrome atau biasa disebut CTS merupakan suatu kondisi yang terjadi ketika saraf dalam pergelangan tangan terhimpit.

Kondisi ini, biasanya menyebabkan rasa tidak nyaman karena menimbulkan keluhan kesemutan, pegal, atau rasa sakit pada area di telapak tangan.

Pada kasus yang lebih berat, biasanya gejala CTS juga disertai dengan rasa seperti terbakar, atau bahkan berkurangnya kekuatan pada otot-otot tangan apabila terus dibiarkan berlarut-larut.

Demikian disampaikan oleh Dokter Spesialis Orthopedi dari Eka Hospital Cibubur, Yesa Adietra Suwandani.

"Karena ini sebetulnya adalah penyakit yang mengenai saraf, namanya adalah saraf Medianus yang ada di telapak tangan bagian sisi jempol, pada cedera medianus yang berat atau CTS yang dibiarkan berlarut-larut yang terjadi adalah kekuatan dari genggaman tangan itu berkurang," kata Yesa dalam sesi live edukasi melalui siaran IG TV Eka Hospital, dikutip Kamis (23/9/2021).

Carpal tunnel syndrome (CTS) terjadi saat lorong karpal menjadi sempit akibat jaringan yang mengelilinginya membengkak, sehingga menekan saraf median.

Ia menjelaskan, kasus CTS bisasaja menjadi memburuk apabila dibiarkan begitu saja selama berlarut-larut.

Gejala yang paling ringan, biasanya hanya  seperti rasa kesemutan pada area-area tertentu di sekitar telapak tangan.

"Spesifiknya adalah, namanya tiga setengah sisi radial. Jadi tiga setengah jari, 1 (ibu jari), 2 (telunjuk), 3 (jari tengah), dan setengah jari berikutnya (jari manis),"

Halaman
123
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved