Breaking News:

Info Kesehatan

Yuk Kenali Demensia Alzheimer dari Sekarang, Lakukan Deteksi Sedini Mungkin

Berdasarkan data Alzheimer’s Disease International (ADI), diperkirakan kasus demensia akan meningkat dari 55 juta menjadi 78 juta pada tahun 2030.

Freepik
Ilustrasi 

TRIBUNJAKARTA.COM -  Demensia atau pikun perlu menjadi perhatian khusus bagi masyarakat dan pemerintah.

Penyakit yang dialami oleh para lansia ini akan meningkat pesat bila tak segera diatasi melalui deteksi dini.

Berdasarkan data Alzheimer’s Disease International (ADI), diperkirakan kasus demensia akan meningkat dari 55 juta menjadi 78 juta pada tahun 2030.

Hal tersebut semakin diperparah dengan pandemi COVID-19 dimana aktivitas lansia sangat terbatas dan kesulitan dalam bersosialisasi, sehingga secara tidak langsung dapat memicu peningkatan kasus demensia. 

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan, pihaknya akan berupaya untuk melakukan berbagai pencegahan yang dapat mengurangi tingginya angka Orang dengan Demensia (ODD), mengingat pandemi turut menjadi salah satu faktor meningkatnya jumlah ODD.

Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin, di Intermark Serpong, Tangsel, Rabu (2/6/2021).
Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin, di Intermark Serpong, Tangsel, Rabu (2/6/2021). (TribunJakarta.com/Jaisy Rahman Tohir)

Menurut Menkes, percepatan peningkatan cakupan dan kualitas pelayanan lanjut usia di fasilitas layanan kesehatan, dilakukan dengan menerbitkan Rencana Aksi Nasional dan pembentukan Pokja Kesehatan di lingkungan Kementerian Kesehatan. 

"Gerakan dan berdayakan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) agar terhindar dari penyakit demensia," ujar Menkes.

Selain itu, Kemenkes turut mendorong dan memfasilitasi pengembangan peran masyarakat dalam penyebaran informasi pencegahan dan pengendalian demensia.

"Kami mengembangkan kegiatan deteksi dini yang efektif dan efisien terutama bagi masyarakat berisiko,” tegas Menkes dalam konferensi pers pada Jumat (24/9).

Selain itu, lanjut Menkes, perlu adanya peningkatan akses masyarakat terhadap pelayanan berkualitas melalui peningkatan sumber daya manusia dan penguatan institusi serta standarisasi pelayanan hingga mengembangkan jejaring kemitraan secara multidisiplin di semua sektor baik di jenjang pemerintah maupun swasta. 

Halaman
12
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved