Breaking News:

Warga Kramat Jati Minta Pembebasan Lahan Proyek Normalisasi Ciliwung Dilanjutkan

Warga Kramat Jati, Jakarta Timur meminta Pemprov DKI Jakarta segera membebaskan bidang tanah warga yang terdampak proyek normalisasi Kali Ciliwung

Penulis: Bima Putra | Editor: Jaisy Rahman Tohir
TRIBUNJAKARTA.COM/BIMA PUTRA
Camat Kramat Jati Rudy Syahrul saat memberi keterangan terkait vaksinasi Covid-19 di permukiman warga korban banjir, Jakarta Timur, Sabtu (25/9/2021). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, KRAMAT JATI - Warga Kecamatan Kramat Jati, Jakarta Timur meminta Pemprov DKI Jakarta segera membebaskan bidang tanah warga yang terdampak proyek normalisasi Kali Ciliwung.

Menurut Camat Kramat Jati, Rudy Syahrul, mengatakan, permintaan warganya tersebut beralasan, pasalnya hingga kini proses pembebasan lahan yang ditangani Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI belum beres.

Dari tiga Kelurahan yang permukiman warganya terdampak proyek, yakni Balekambang, Cililitan, dan Cawang, baru wilayah Kelurahan Cawang mendapat prioritas pembebasan lahan.

"Kalau saya datang ke Balekambang warga pada menanyakan. Saya juga sudah menyampaikan ke Dinas (SDA), tolong tahapan normalisasi di Kelurahan lain berjalan," kata Rudy di Kramat Jati, Jakarta Timur, Sabtu (25/9/2021).

Menurutnya, proses pembebasan lahan proyek normalisasi Kali Ciliwung di Kelurahan Balekambang, Cililitan, dan Cawang sudah dimulai sejak beberapa tahun lalu oleh Pemprov DKI Jakarta.

Tahapannya pun sudah ada yang mencapai appraisal atau menentukan nilai ganti rugi yang dibayarkan oleh Dinas SDA DKI Jakarta, tapi hingga kini belum semua warga mendapat ganti rugi.

"Di Balekambang sudah appraisal 42 bidang, yang sudah dibayar kurang lebih delapan bidang. Sisanya belum dibayar, (bidang tanah warga) lainnya belum diukur," ujarnya.

Rudy menuturkan warganya meminta agar proses pengukuran bidang tanah yang terdampak normalisasi Kali Ciliwung oleh Badan Pertanahan Nasional (BPN) dan Pemprov DKI segera dilanjutkan.

Tapi Dinas SDA DKI Jakarta sudah menetapkan bahwa proses pembebasan lahan dari pengukuran hingga pembayaran ganti rugi pada tahun 2021 difokuskan untuk Kelurahan Cawang.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved