Breaking News:

Waspada Cuaca Ekstrem di Jakarta Senin (27/9), BMKG Prediksi Hujan Disertai Kilat dan Angin Kencang

Sejumlah wilayah di Jakarta diprediksi bakal terjadi hujan ringan hari ini, Senin (25/9/2021).

Editor: Wahyu Aji
Tribunnews/JEPRIMA
Ilustrasi cuaca ekstrem - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta mengeluarkan peringatan waspada cuaca ekstrem untuk dua hari terhitung 26-27 September 2021 

TRIBUNJAKARTA.COM - Sejumlah wilayah di Jakarta diprediksi bakal terjadi hujan ringan hari ini, Senin (25/9/2021).

Dilansir Kompas.com, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan, wilayah Jakarta Utara, Jakarta Pusat, dan Jakarta Barat mengawali hari dengan hujan ringan pagi ini.

"Waspada potensi hujan disertai kilat/petir dan angin kencang dengan durasi singkat di wilayah Jakarta Barat, Jakarta Selatan, dan Jakarta Timur pada siang/sore hingga malam hari," tulis peringatan dini BMKG lewat situs resminya.

Sementara wilayah Jawa Barat, Depok, Bekasi, dan Bogor diprediksi cerah berawan pagi ini.

Siang hingga malam, Bekasi hujan ringan, sedangkan Depok dan Bogor berpotensi hujan berintensitas sedang hingga lebat, disertai petir dan angin kencang.

Di Banten, Kota Tangerang diprakirakan mengawali hari dengan langit mendung. Jelang sore hari, hujan turun dengan intensitas sedang. Malam hari, cuaca berawan tebal.

Baca juga: Hujan dan Angin Puting Beliung Luluhlantakkan Depok: Sejumlah Kendaraan Rusak, Simak Videonya

BPBD DKI terbitkan peringatan waspada cuaca ekstrem

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta mengeluarkan peringatan waspada cuaca ekstrem untuk dua hari terhitung 26-27 September 2021.

"Waspada cuaca ekstrem di DKI Jakarta durasi 26 September 2021 pukul 07.00 WIB sampai dengan 27 September 2021 pukul 07.00 WIB," tulis akun resmi BPBD DKI Jakarta @bpbddkijakarta, Minggu (26/9/2021).

Baca juga: Video Baliho Roboh Diterjang Puting Beliung di Depok, Warganet Gagal Fokus ke Suara Teman Perekam

Peringatan cuaca ekstrem tersebut, tulis BPBD, berdasarkan prakiraan cuaca berbasis hujan lebat di Indonesia bagian barat. 

"Terdapat potensi hujan lebat dengan dampak banjir/bandang di DKI Jakarta (status waspada)," tulis BPBD. Masyarakat diminta agar waspada dan berhati-hati terhadap potensi cuaca ekstrem yang kemungkinan terjadi.

"Terutama untuk masyarakat yang berada dan tinggal di wilayah rawan bencana hidrometeorologi," tulis BPBD dilansir dari Kompas.com.

Warga juga diminta membaca buku panduan kesiapsiagaan menghadapi banjir yang sudah dikeluarkan DKI Jakarta sejak 2020 lalu.

Sedangkan untuk keadaan darurat, warga bisa melakukan panggilan layanan darurat ke 112 dan melaporkan banjir melalui aplikasi JAKI.

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved