Breaking News:

Pemkot Sebut Aliran Kali Bekasi Berbusa dan Bau Busuk Karena Kiriman Limbah dari Bogor

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Yayan Yuliana mengatakan, fenomena tersebut muncul akibat limbah kiriman dari hulu di wilayah Bogor

Penulis: Yusuf Bachtiar | Editor: Jaisy Rahman Tohir
Yusuf Bachtiar/ Tribun Jakarta
Busa Putih memenuhi aliran Kali Bekasi akibat pencemaran limbah, Senin (27/9/2021) kemarin. 

Laporan wartawan TribunJakarta.com, Yusuf Bachtiar

TRIBUNJAKARTA.COM, BEKASI SELATAN - Aliran Kali Bekasi tepatnya di Bendung Bekasi, Jalan Mayor M. Hasibuan, Bekasi Timur berbusa pada Senin (27/9/2021) kemarin diduga akibat pencemaran limbah.

Menanggapi hal itu, Pemerintah Kota Bekasi melalui Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Yayan Yuliana mengatakan, fenomena tersebut muncul akibat limbah kiriman dari hulu di wilayah Bogor.

"Sudah sering begitu, memang kondisi kali sudah seperti itu (tercemar limbah) dari hulunya, dari perbatasan Bogor," kata Yayan, Selasa (28/9/2021).

Dia menyebutkan, di aliran sungai tepatnya di perbatasan yang berada di Pangkalan 5 antara Kecamatan Bantargebang Kota Bekasi dengan KEcamatan Cileungsi Kabupaten Bogor sudah muncul buih.

"Di Pangkalan 5 Curug Parigi sudah berbusa, airkan mengalir terus dari hulu ke hilir," jelasnya.

Pihaknya memastikan, bakal melakukan penelusuran aliran Kali Bekasi untuk mencari sumber pembuangan limbah di perusahaan.

Baca juga: Tercemar Limbah Pabrik, Aliran Kali Bekasi Dipenuhi Busa Putih dan Tercium Bau Busuk

"Kita sudah sering melakukan penelusuran juga, tapi kalau sumbernya ada di hulu wilayah Bogor kami juga kesulitan, tapi untuk di Kota Bekasi pasti akan kita tindaklanjuti," tegasnya.

Aliran Kali Bekasi tepatnya di Bendung Bekasi, Jalan Mayor M. Hasibuan, Kecamatan Bekasi Timur, dipenuhi busa putih diduga akibat pencemaran limbah, Senin (27/9/2021).

Aliran Kali Bekasi dipenuhi busa dan ba tidak sedap akibat limbah, Senin (27/9/2021).
Aliran Kali Bekasi dipenuhi busa dan ba tidak sedap akibat limbah, Senin (27/9/2021). (Yusuf Bachtiar/ Tribun Jakarta)

Pantauan TribunJakarta.com, busa putih memenuhi permukaan aliran kali dari hulu pintu air Bendung Bekasi dan mengalir ke hilir.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved