Breaking News:

Malas Perawatan Kulit Wajah? Hati-hati Ini yang Terjadi Jika Kamu Tak Melakukannya

Dermatologist dr. Arini Astari Widodo, SpKK memaparkan, kulit merupakan garda terdepan saat terkena matahari, debu maupun polusi.

Freepik
Dermatologist dr. Arini Astari Widodo, SpKK memaparkan, kulit merupakan garda terdepan saat terkena matahari, debu maupun polusi. 

TRIBUNJAKARTA.COM - Saat ini sudah banyak produk perawatan kulit dengan berbagai jenis di pasaran.

Meski demikian, tak semua individu antusias untuk melakukan perawatan kulit.

Padahal, perawatan kulit ini diperlukan meski masih berusia muda.

Dermatologist dr. Arini Astari Widodo, SpKK memaparkan, kulit merupakan garda terdepan saat terkena matahari, debu maupun polusi.

"Kita kena polusi, virus atau bakteri ya pasti kulit kita yang terkena duluan. Jadi kulit itu pertahanan pertama dari seluruh tubuh," ucap dr Arini dalam konferensi pers pada Kamis (30/9).

Ilustrasi
Ilustrasi (freepik.com)

dr Arini menjelaskan, fungsi kulit sebagai skin barrier yang bertugas menjadi pintu masuk hidrasi dan mencegah sesuatu seperti iritan untuk masuk itu harus diperhatikan.

"Ada mikrobio yang merupakan garda depan pada kulit. Jadi kalau kulit terluka maka virus atau bakteri gampang masuk ke dalam," aku dr Arini.

Baca juga: Ingin Tampil Menawan? Yuk Intip Rahasia Raisa Andriana Merawat Kulit Wajah

dr Arini memaparkan, beberapa penyebab mikrobio tak seimbang bisa membuat kulit jerawat.

Kemudian,adanya penggunaan bahan produk perawatan tertentu yang mengandung alkohol bisa menyebabkan mikrobio tak seimbang di kulit.

"Kita harus memperhatikan PH produk yang digunakan. Selain itu, masker juga membuat mikrobio kita berubah," ujar dr Arini.

Untuk menjaga kulit tetap sehat, dr Arini menyarankan beberapa hal yang patut diperhatikan.

"Hindari juga terlalu banyak scrub. Kita pakai cleanser yang lembut, pakai pelembab dan menggunakan sunscreen. Sinar ultraviolet bisa merusak biota si mikrobio di kulit," imbuh dr Arini.

Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved