Breaking News:

Antisipasi Banjir Saat Hujan, Anggota DPRD DKI Kenneth Minta Anies Perhatikan Drainase di Permukiman

Tetapi juga permasalahan saluran-saluran air di permukiman padat penduduk yang juga perlu menjadi perhatian.

Editor: Wahyu Aji
Anggota Komisi D DPRD DKI Jakarta dari Fraksi PDI Perjuangan, Hardiyanto Kenneth 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta tengah bersiap menghadapi banjir karena sudah mulai memasuki musim penghujan.

Sejumlah persiapan rutin biasanya selalu dilakukan tiap tahunnya ketika memasuki musim penghujan, salah satunya dengan melakukan pengerukan lumpur di sejumlah kali di Jakarta.

Menanggapi hal itu, Anggota Komisi D DPRD DKI Jakarta dari Fraksi PDI Perjuangan, Hardiyanto Kenneth menilai penanggulangan banjir tidak cukup hanya dengan melakukan kegiatan pengerukan lumpur di sejumlah kali atau sungai saja.

Tetapi juga permasalahan saluran-saluran air di permukiman padat penduduk yang juga perlu menjadi perhatian.

"Dalam menanggulangi banjir tidak hanya dengan melakukan pengerukan lumpur semata, tetapi harus memahami permasalahan yang ada di daerah permukiman padat penduduk, karena di sana rata-rata tidak mempunyai saluran dan jikapun ada saluran, sangat tidak memadai dan tidak proporsional," kata Kenneth dalam keterangannya, Minggu (3/10/2021).

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan terlihat meninjau pengerukan Kali Krukut di Jalan Jenderal Sudirman, Kavling 34-35, Kelurahan Karet Tengsin, Kecamatan Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Pengerjaan tersebut meliputi pengerukan waduk, pembersihan gorong -gorong, pengerukan kali untuk memastikan bahwa sedimentasi lumpur bisa berkurang.

Baca juga: Sempat Ada Genangan Air saat Hujan Deras, Kali Sentiong Banyak Sampah dan Lumpur

Menurut pria yang akrab disapa Kent itu, ia meminta kepada Gubernur Anies Baswedan untuk lebih memperhatikan permasalahan banjir di wilayah-wilayah padat penduduk, karena permasalahan saluran-saluran air yang tidak memadai ini.

"Jadi saya harapkan jangan memperhatikan hanya dibagian makro saja, tetapi dibagian mikro juga harus menjadi prioritas. Permukiman padat penduduk harus diperhatikan dan di pikirkan solusinya, sebenarnya apa sih permasalahan yang selalu mengakibatkan banjir di sana?. Jadi kalau permasalahan banjir ini mau selesai, aspek permasalahan seperti ini juga harus diperhatikan," tegas Kent.

Selain itu, Pemprov DKI, Pemprov Jabar dan Pemprov Banten bisa duduk bersama dan bekerja sama untuk berkoordinasi dalam mengoperasikan dan mengembangkan program penanggulangan banjir dan sistem infrastruktur di Jakarta.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved