Breaking News:

Inovasi di Tengah Pandemi, Kain Songket Warna Alam Tetap Jadi Incaran Meski Harganya Lebih Mahal

Kain songket warna alam, menjadi salah satu produk tradisional khas Indonesia yang tetap diminati meski di tengah situasi pandemi Covid-19.

Penulis: Pebby Ade Liana | Editor: Wahyu Aji
TRIBUNJAKARTA.COM/PEBBY ADE LIANA
Kain songket warna alam dari Perkumpulan Pecinta Songket Warna Alam (Pesona Alam) asal Lombok, Nusa Tenggara Barat. 

Laporan wartawan TribunJakarta.com, Pebby Adhe Liana

TRIBUNJAKARTA.COM, JAKARTA - Kain Songket warna alam, menjadi salah satu produk tradisional khas Indonesia yang tetap diminati meski di tengah situasi pandemi Covid-19.

Hal ini diakui oleh penggiat kain tenun songket warna alam, dari Perkumpulan Pecinta Songket Warna Alam (Pesona Alam) asal Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Meski harganya jauh lebih mahal jika dibandingkan dengan songket yang menggunakan pewarna tekstil, akan tetapi kain songket warna alam dinilai memiliki daya tarik dan keunggulan tersendiri sehingga banyak dicari di pasaran.

"Selama pandemi, ada fakta yang kita temukan di lapangan bahwa bagi pengusaha yang gak berinovasi, itu kebanyakan mati ( karena pandemi). Tapi pengusaha yang inovasi, melejit,"

"Inovasinya ini ada dalam dua hal. Pertama dia beralih gunakan bahan warna alam, yang kedua dia inovasi dalam hal teknologi. Ini fakta yang kami alami selama pandemi," kata Ketua Perkumpulan Pecinta Songket Warna Alam (Pesona Alam) Nusa Tenggara Barat, Lalu Hilman Afriandi, dalam acara penandatanganan kerjasama dengan Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) di Jakarta Selatan, Senin (4/10/2021).

Songket warna alam, merupakan kain songket yang diciptakan dari bahan baku benang yang memiliki teknik pewarnaan khusus.

Baca juga: Dukung Promosi Wisata Nasional, Toraja And Beyond Tourism Week Hadir di Stasiun MRT Jakarta

Dimana pewarna yang digunakan bukan berasal dari pewarna tekstil, melainkan dibuat dari bahan-bahan alami yang dihasilkan oleh alam.

Seperti misalnya limbah daun-daunan, atau juga limbah kayu dan batang pohon. 

Selain memiliki daya tarik dari segi motif dan warna-warnanya yang cantik, kain songket warna alam juga memiliki beberapa keunggulan jika dibandingkan dengan kain songket yang dibuat dengan pewarna tekstil.

Kain songket warna alam dari Perkumpulan Pecinta Songket Warna Alam (Pesona Alam) asal Lombok, Nusa Tenggara Barat.
Kain songket warna alam dari Perkumpulan Pecinta Songket Warna Alam (Pesona Alam) asal Lombok, Nusa Tenggara Barat. (TRIBUNJAKARTA.COM/PEBBY ADE LIANA)
Halaman
123
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved