Hadapi Musim Hujan, 664 Personel Satpol PP Jakarta Utara Disiagakan Tangani Bencana

Sebanyak 664 personel nantinya akan dikerahkan selama musim hujan untuk membantu penanganan-penanganan kebencanaan.

Tribun Jakarta/Gerald Leonardo Agustino
 Apel Siaga, Tanggap, Galang, Penanganan Bencana Personil dan KDO Satpol PP Jakarta Utara di Pantai Carnaval Ancol, Pademangan, Jakarta Utara, Kamis (7/10/2021). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Gerald Leonardo Agustino

TRIBUNJAKARTA.COM, PADEMANGAN - Satpol PP Jakarta Utara bersiaga jelang menghadapi musim hujan.

Sebanyak 664 personel nantinya akan dikerahkan selama musim hujan untuk membantu penanganan-penanganan kebencanaan.

Kasatpol PP DKI Jakarta Arifin mengatakan, ratusan personel Satpol PP Jakarta Utara nantinya akan bekerjasama dengan petugas lainnya untuk berjibaku membantu masyarakat.

Apalagi, ada instruksi dari Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang meminta petugas bisa menangani banjir hanya dalam waktu 6 jam.

"Jadi kita bersama sama saling membantu, baik Satpol PP dan perangkat daerah, bersama masyarakat, satuan TNI-Polri bagaimana bersama cepat menangani genangan," kata Arifin di Pantai Carnaval Ancol, Pademangan, Jakarta Utara, Kamis (7/10/2021).

Baca juga: Gelar Apel Akbar Jelang Musim Hujan, Satpol PP Jakarta Utara Sudah Siaga Banjir

Selain para anggota, sarana prasarana untuk antisipasi bencana banjir dan angin kencang juga disiapkan Satpol PP Jakarta Utara.

Ada sedikitnya 106 kendaraan operasional roda empat serta 36 kendaraan roda dua yang disiapkan.

"Kita harus berusaha ya, salah satunya menyiagakan sarana dan prasarana yang ada. Mudah-mudahan hujannya tidak bawa bencana," ucap Arifin.

Jajaran Satpol PP Jakarta Utara menggelar Apel Siaga, Tanggap, Galang, Penanganan Bencana Personil dan KDO di Pantai Carnaval Ancol, Pademangan, Jakarta Utara, Kamis (7/10/2021).
Jajaran Satpol PP Jakarta Utara menggelar Apel Siaga, Tanggap, Galang, Penanganan Bencana Personil dan KDO di Pantai Carnaval Ancol, Pademangan, Jakarta Utara, Kamis (7/10/2021). (Gerald Leonardo Agustino/ Tribun Jakarta)

Kendaraan dinas operasional Satpol PP Jakarta Utara berguna untuk kepentingan evakuasi maupun peristiwa pohon tumbang.

Ada pula perahu karet serta pelampung yang disiapkan ketika banjir bandang menghadang.

Satpol PP Jakarta Utara juga memiliki kendaraan besar yang nantinya difungsikan untuk menembus banjir dalam memudahkan mobilitas warga.

"Termasuk beberapa kendaraan yang sudah di atur alur rutenya. Jadi ketika warga yang melihat kendaraan itu, kendaraan Satpol PP untuk melayani warga untuk melakukan mobilitas," kata Arifin.

Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved