Breaking News:

Antisipasi Virus Corona di Bekasi

Stok Vaksin di Kotanya Berlimpah, Wali Kota Bekasi Belum Mau Hibahkan ke Daerah Lain yang Kekurangan

Meski stok vaksin di Kota Bekasi saat ini cukup berlimpah, Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi mengaku pihaknya belum perlu mengibahkan untuk daerah lain.

Penulis: Yusuf Bachtiar | Editor: Elga H Putra
TribunJakarta.com/Yusuf Bachtiar
Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi di Stadion Patriot Candrabhaga Kota Bekasi, Senin (4/10/2021). Meski stok vaksin di Kota Bekasi saat ini cukup berlimpah, Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi mengaku pihaknya belum perlu mengibahkan untuk daerah yang kekurangan. 

Laporan wartawan TribunJakarta.com, Yusuf Bachtiar

TRIBUNJAKARTA.COM, BEKASI SELATAN - Meski stok vaksin di Kota Bekasi saat ini cukup berlimpah, Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi mengaku pihaknya belum perlu mengibahkan untuk daerah yang kekurangan.

Alih-alih menghibahkan ke daerah lain, Wali Kota Bekasi memiliki gagasan untuk melakukan vaksin booster terhadap guru agar stok vaksin terpakai.

Rahmat mengatakan, pihaknya terus mengupayakan pemberian vaksin Covid-19 untuk masyarakat secara luas.

"Nah begini berpikirnya, saya mikirin daerah lain atau saya mikirin daerah saya. Kalau Kota Bekasi ya kasi saya skup Kota Bekasi dulu, kalau saya punya vaksin untuk Koota Bekasi ya saya selesaikan untuk masyarakat saya," kata Rahmat, Jumat (8/10/2021).

Dia juga menanggapi adanya kritikan terakait, gagasan vaksin booster dosis ketiga untuk guru yang dinilai tidak adil ketika terdapat daerah di Indonesia yang masih kekurangan vaksin.

Baca juga: Meski Dikritik, Wali Kota Bekasi Tegaskan Gagasan Vaksin Booster Dosis Ketiga untuk Guru Tetap Jalan

"Nah kalau ada masyarakat di Jawa Barat yang tidak tercukupi vaksinnya maka ada pak gubernur, kalau pak gubernur tidak terpenuhi vaksinnya ada bapak presiden," ucapnya.

"Sehingga hirarki, jangan saya mikirin daerah Irian (Papua), daerah Jawa, itu bukan tugas saya, tugas saya sekarang bagaimana herd immunity (di kota bekasi) terpenuhi," tambah dia.

Program vaksinasi di Kota Bekasi saat ini masih berjalan.

Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi di Stadion Patriot Candrabhaga Kota Bekasi, Jumat (8/10/2021). 
Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi di Stadion Patriot Candrabhaga Kota Bekasi, Jumat (8/10/2021).  (TribunJakarta/Yusuf Bachtiar)

Adapun capaiannya baru sebanyak 65 persen dari total target sasaran 2.015.000 jiwa.

Jumlah stok vaksin yang tersedia saat ini sebanyak 700 ribu dosis, digunakan untuk masyarakat umum di Kota Bekasi baik dosis kesatu, kedua maupun dosis ketiga yang baru berlaku untuk nakes.

"Jadi kalau misal di sini banyak (stok vaksin) di sana enggak banyak, kan ada yang mewakili bapak presiden ada bapak gubernur sebagai daerah dekonsentrasi," tuturnya.

Baca juga: Penipuan Calo Rekrutmen TKK Pemkot Bekasi Catut Nama Wali Kota dan DPRD, Masyarakat Diminta Waspada

"Itu sudah diatur sama undang-undang. Kecuali saya bisa mengibahkan ke daerah lain tapi kan saya juga lagi nyisir (warga belum divaksin)," kata Rahmat.

Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved