Breaking News:

Hadapi Musim Hujan, 220 Personel Satpol PP Jakarta Timur Disiagakan Tangani Banjir

Jajaran Satpol PP Jakarta Timur menyiagakan 220 personel dalam penanganan banjir pada musim hujan yang diperkirakan mulai melanda pada akhir tahun.

Penulis: Bima Putra | Editor: Elga H Putra
Tribun Jakarta.com/Iksan Abrianto
ilustrasi Satpol PP evakuasi warga. 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, CAKUNG - Jajaran Satpol PP Jakarta Timur menyiagakan 220 personel dalam penanganan banjir pada musim hujan yang diperkirakan mulai melanda pada akhir tahun 2021.

Kasatpol PP Jakarta Timur Budhy Novian mengatakan jumlah tersebut merupakan total personel yang setiap harinya tersebar di 65 kantor Kelurahan, 10 Kecamatan, dan kantor Wali Kota.

"Dalam prakteknya setiap hari siaga 220 personel, jika ekalasi intensitas hujan meningkat akan ditambah menjadi 440 personel," kata Budhy saat dikonfirmasi di Jakarta Timur, Senin (11/10/2021).

Secara keseluruhan jumlah personel Satpol PP Jakarta Timur sebanyak 1.511, namun tidak bisa dikerahkan sekaligus dalam penanganan banjir karena terbagi dalam waktu tugas.

Mereka bertugas membantu penanganan banjir, dari proses evakuasi ke posko pengungsian, pengamanan saat banjir, hingga penanganan membersihkan rumah warga setelah banjir surut.

Baca juga: Setelah Manusia Silver, Kini Satpol PP tangsel Memburu Badut Jalanan

"Kita juga memiliki 18 personel Tim SAR yang sudah bersertifikasi dan memiliki kemampuan serta kompetensi dalam melakukan evakuasi korban bencana," ujarnya.

Perihal sarana dan prasarana untuk penanganan banjir, Budhy menuturkan operasional Hilux 54 unit, pick up Panther 63 unit, truk 22 unit, mobil rescue satu unit, mobil dapur umum satu unit.

Lalu lima unit perahu karet yang tersebar di kantor Kelurahan Kayu Putih, Kelurahan Kebon Pala, Kelurahan Cipinang Melayu, Kecamatan Kramat Jati dan di kantor Satpol PP Kota Jakarta Timur.

"Sarana penunjang lainnya adalah dayung 48 unit, helm perahu 30 unit, motor tempel 14 unit, life jaket 63 unit, ring buoy atau pelampung 123 unit, tali tambang 11 buah dan lampu senter 12 buah," tuturnya.

Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved