Breaking News:

Kisah di Balik Desain Gedung Panjang TIM, Lagu Rayuan Pulau Kelapa Jadi Inspirasi

Gedung Panjang yang berada di sebelah bangunan miring Taman Ismail Marzuki, menjadi perhatian publik. Terinspirasi dari lagu Rayuan Pulau Kelapa.

TribunJakarta.com/Pebby Adhe Liana
Wajah baru Taman Ismail Marzuki. Gedung panjang, adalah salah satu bangunan yang menarik perhatian karena desainnya terinspirasi dari lagu Rayuan Pulau Kelapa. 

Laporan wartawan TribunJakarta.com, Pebby Adhe Liana

TRIBUNJAKARTA.COM, JAKARTA - Sebuah gedung tinggi tepat di sebelah bangunan miring Taman Ismail Marzuki (TIM), menjadi perhatian publik mengenai wajah baru TIM.

Memiliki arsitektur yang unik seperti sebuah anak tangga, desain bangunan tersebut terinspirasi dari lagu karya Ismail Marzuki berjudul Rayuan Pulau Kelapa.

Gedung ini disebut sebagai Gedung Panjang.

Gedung Panjang akan dimanfaatkan sebagai gedung perpustakaan serta wisma seni di Taman Ismail Marzuki.

"Memang sebetulnya revitalisasi tahap 1 ini sudah hampir rampung, tapi kelihatannya, untuk selesai 100% tahap pertama itu, tahap interiornya belum. Jadi arsitekturnya aja yang udah. Kalau masuk ke dalam, di dalamnya belum selesai karena interior itu masuknya ke dalam tahap ke 3," kata sang arsitek, Andra Matin, Senin (11/10/2021).

Baca juga: Intip Wajah Baru Taman Ismail Marzuki yang Terinspirasi dari Nada Rayuan Pulau Kelapa

Andra mengatakan inspirasi lagu Rayuan Pulau Kelapa tersebut dituangkannya melalui fasad Gedung yang berbentuk seperti tangga nada Rayuan Pulau Kelapa.

Dimana, desain bangunan gedung panjang ini ingin memberi pesan tentang bagaimana sang maestro begitu menginspirasi Indonesia lewat lagu-lagunya.

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan meresmikan Masjid Amir Hamzah di komplek Taman Ismail Marzuki (TIM), Menteng, Jakarta Pusat pada Jumat (3/7/2020).
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan meresmikan Masjid Amir Hamzah di komplek Taman Ismail Marzuki (TIM), Menteng, Jakarta Pusat pada Jumat (3/7/2020). (ISTIMEWA)

"Kami ingin cerita tentang bagaimana Ismail Marzuki menginspirasi Indonesia," kata Andra.

"Ismail Marzuki ini, terkenal dengan lagu-lagu yang bagus. Antara lain Rayuan Pulau Kelapa. Kalau kita lihat, Indonesia sebagai negara tropis penuh dengan pohon kelapa di sepanjang pantainya. Makanya, inspirasi lagu Rayuan Pulau Kelapa itu yang kami temakan jadi fasad, atau kulit si bangunan panjang itu," sambungnya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved