Breaking News:

Antsipasi Virus Corona di DKI

Masuk Kategori Rentan Penularan, Puluhan ODGJ di Ciracas DIsuntik Vaksin Covid-19

Puskesmas Kecamatan Ciracas, Jakarta Timur, menggelar vaksinasi Covid-19 bagi orang dengan gangguan jiwa (ODGJ)

Penulis: Bima Putra | Editor: Jaisy Rahman Tohir
Istimewa
ODGJ peserta vaksinasi Covid-19 di Puskesmas Kecamatan Ciracas, Jakarta Timur, Selasa (12/10/2021) 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, CIRACAS - Puskesmas Kecamatan Ciracas, Jakarta Timur, menggelar vaksinasi Covid-19 bagi orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) dan pendampingnya pada Selasa (12/10/2021).

Kepala Puskesmas Kecamatan Ciracas, Santayana Daulay, mengatakan kegiatan digelar dalam rangka memperingati hari kesehatan jiwa dunia pada pada 10 Oktober 2021.

"Jadi pasien-pasien kami yang berobat rutin di Puskesmas Ciracas kita khususkan divaksin hari ini ODGJ-nya beserta pendampingnya apabila ada yang belum divaksin," kata Santayana di Ciracas, Jakarta Timur, Selasa (12/10/2021).

Selain dalam rangka hari kesehatan jiwa, vaksinasi Covid-19 bagi ODGJ ini guna menciptakan herd immunity atau kekebalan komunal, dan meningkatkan capaian vaksinasi di Ciracas.

Terlebih ODGJ termasuk kelompok rentan terpapar Covid-19, sehingga dengan penyuntikan vaksin jenis Pfizer bagi ODGJ mereka diharapkan memiliki kekebalan tubuh guna mencegah terpapar.

"Jadi mudah-mudahan ODGJ semuanya tidak ada yang terpapar Covid-19 karena sudah memiliki kekebalan tubuh. Hari ini ada sekitar 30 ODGJ yang kita vaksinasi Covid-19," ujarnya.

Santayana menuturkan vaksinasi Covid-19 untuk ODGJ dan pendampingnya digelar di kantor Puskesmas Kecamatan, namun pihaknya menyatakan siap bila melakukan secara jemput bola.

Baca juga: Terancam Diadukan ke Komnas HAM Buntut Tegur Kakek, Baim Wong Dituntut Minta Maaf, Edi: Menyedihkan

Langkah jemput bola ini dilakukan bila ODGJ tidak bisa melakukan mobilitas dari rumahnya ke Puskesmas, Puskesmas Kecamatan Ciracas pun bekerja sama dengan jajaran tingkat Kelurahan.

"Kita akan berkoordinasi dengan pak Camat, Lurah, dengan Pamong setempat. Kalau memang ada ODGJ di wilayahnya dan tidak bisa melakukan mobilisasi ke Puskesmas mungkin kita akan datangi ke rumahnya," tuturnya.

Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved