Breaking News:

Spiritualis Turun Gunung Dukung Jaksa Agung Sikat Oknum Jaksa Nakal: Agar Hukum Tegakkan Marwahnya

Langkah Jaksa Agung ST Burhanuddin membentuk 53 untuk mengawasi dan menindak oknum jaksa dan pegawai nakal mendapat apresiasi dari kalangan masyarakat

Editor: Elga H Putra
Kompas.com/Dian Maharani
Gedung Kejaksaan Agung. Langkah Jaksa Agung ST Burhanuddin membentuk 53 untuk mengawasi dan menindak oknum jaksa dan pegawai nakal mendapat apresiasi dari kalangan masyarakat. 

TRIBUNJAKARTA.COM - Langkah Jaksa Agung ST Burhanuddin membentuk 53 untuk mengawasi dan menindak oknum jaksa dan pegawai nakal mendapat apresiasi dari kalangan masyarakat.

Salah satunya disampaikan Kidung Tirto Suryo Kusumo, spiritualis nusantara yang kerap meneropong persoalan sosial-budaya, politik dan hukum di Tanah Air.

Menurut dia, keberadaan Satgas 53 yang dipimpin Jaksa Agung Muda Intelijen Sunarta mencerminkan sikap Jaksa Agung terhadap oknum jaksa atau pegawai Kejaksaan yang melakukan penyalahgunaan kewenangan dan merusak nama baik institusi.

Pembentukan Satgas 53 itu juga sejalan dengan arahan Presiden Joko Widodo saat Rapat Kerja Kejaksaan RI Tahun 2020 silam.

Dalam arahannya, Presiden menyampaikan bahwa Kejaksaan adalah wajah penegakan hukum Indonesia di mata masyarakat dan internasional.

Baca juga: Kepala BP2MI Gandeng Jaksa Agung Perangi Sindikat Penempatan Ilegal Pekerja Migran

“Setiap tingkah laku dan sepak terjang setiap personil di Kejaksaan dalam penegakan hukum akan menjadi tolak ukur wajah negara dalam mewujudkan supremasi hukum di mata dunia.

Oknum jaksa nakal harus disikat agar hukum bisa tegak serta menjaga marwah dan kinerja Kejaksaan yang kini sudah baik,” kata Kidung Tirto, Selasa (12/10.2021).

Meskipun jumlah laporan mengenai jaksa nakal cenderung menurun, Kidung Tirto mendapat informasi masih ada oknum jaksa yang berani menyalahgunakan wewenang.

Terakhir, seorang jaksa di Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, diamankan Satgas 53 karena diduga melakukan pemerasan, pada Senin (11/10/2021).

Menurutnya, keberadaan Satgas 53 ini perlu didukung seluruh jajaran Kejaksaan, mulai dari pusat hingga daerah.

Baca juga: Kasus Perampasan Nyawa Anggota TNI di Depok Masuki Babak Baru, Kejari Tunjuk Tiga Jaksa Profesional

Halaman
123
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved