Breaking News:

4 Tahun Gubernur Anies

4 Tahun Kepimpinan Gubernur Anies Baswedan, Banjir di Jakarta Belum Beres

Masa kepemimpinan Anies Baswedan sebagai Gubernur DKI Jakarta bakal memasuki tahun keempat pada tanggal 16 Oktober 2021 mendatang.

Dok. BNPB
Tampilan banjir Jakarta di kawasan Kampung Melayu, Jakarta Timur, dari helikopter yang mengangkut Kepala BNPB Doni Monardo dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, saat mereka meninjau kondisi banjir terkini pada Rabu (1/1/2020). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, JATINEGARA - Masa kepemimpinan Anies Baswedan sebagai Gubernur DKI Jakarta bakal memasuki tahun keempat pada tanggal 16 Oktober 2021 mendatang.

Sejak dilantik pada 16 Oktober 2017 lalu hingga kini Anies sudah mencetuskan setumpuk program, di antaranya terkait masalah penanganan banjir.

Caranya dengan melakukan naturalisasi, yakni mengembalikan, mempertahankan ekosistem sungai sehingga air menjadi jernih dan bisa menjadi habitat hewan.

Kemudian membuat sumur resapan atau drainase vertikal guna mengendalikan debit air saat hujan deras, sehingga tidak seluruhnya mengalir ke saluran air.

Namun cara ini belum sepenuhnya efektif menyelesaikan malam di Jakarta Timur, kota paling padat penduduk dan luas secara wilayah di Provinsi DKI Jakarta.

Baca juga: Tak Lagi Bisa Prediksi Lokasi Banjir, Kini 267 Kelurahan di Jakarta Punya Alat Ukur Curah Hujan

Wali Kota Jakarta Timur M. Anwar mengatakan hingga kini dari total 65 Kelurahan yang tersebar di 10 Kecamatan, 18 di antaranya hingga kini masih jadi wilayah rawan banjir.

Pun jumlah itu disebutnya sudah menurun dari total Kelurahan rawan banjir di Jakarta Timur pada tahun 2020, dari yang sebelumnya tercatat sebanyak 63 Kelurahan.

"Tahun 2020 awal kita banjir 63 Kelurahan, yang kemarin 2021 awal Alhamdulillah (turun menjadi) 18 Kelurahan yang masih tergenang," kata Anwar di Cakung, Jakarta Timur, Rabu (29/9/2021).

Permukiman warga di Kelurahan Balekambang, Cililitan, dan Cawang, Kecamatan Kramat Jati, lalu Kelurahan Bidara Cina, Kampung Melayu, Kecamatan Jatinegara masih jadi lokasi rawan banjir.

Permukiman warga Kebon Pala, Kelurahan Kampung Melayu, Kecamatan Jatinegara yang terdampak banjir luapan Kali Ciliwung, Rabu (23/6/2021).
Permukiman warga Kebon Pala, Kelurahan Kampung Melayu, Kecamatan Jatinegara yang terdampak banjir luapan Kali Ciliwung, Rabu (23/6/2021). (TribunJakarta.com/Bima Putra)
Halaman
1234
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved