Breaking News:

4 Tahun Gubernur Anies

4 Tahun Anies Pimpin DKI, Menengok Kembali Nasib Underpass Senen Extension Rp 121 Miliar

Empat tahun Anies Baswedan pimpin DKI Jakarta, menengok kembali proyek Underpass Senen Extension senilai Rp 121 miliar.

TribunJakarta.com/Pebby Adhe Liana
Suasana kawasan Senen, Kamis (14/10/2021). Hadirnya Underpass Senen Extension dimanfaatkan dengan baik oleh pengendara yang melintas. Tak terlihat adanya kemacetan pada siang hari ini. 

Laporan wartawan TribunJakarta.com, Pebby Adhe Liana

TRIBUNJAKARTA.COM, JAKARTA - "Kini Senen kembali menjadi ikon Jakarta, tidak lagi dianggap kawasan kumuh dan rawan," tulis Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dalam akun instagramnya, pada 14 Desember 2020 lalu.

Menjelang periode 4 tahun kepemimpinan Anies Baswedan di Jakarta, satu per satu proyek infrastruktur konektivitas di Jakarta, sudah dikerjakan.

Salah satu yang menjadi sorotan, adalah penataan kawasan Senen yang dilakukan pada awal tahun 2020 lalu.

Proyek pengerjaan Underpass Senen Extension, dikerjakan pada Januari 2020 lalu dengan harapan mampu mengurangi kemacetan di sekitar lokasi dengan total anggaran Rp 121,1 Miliar.

Diketahui, underpass ini dibangun dengan total panjang 675 meter dan mulai diujicobakan pada November tahun lalu.

Baca juga: Menengok Lagi Proyek ITF Sunter yang Molor Jelang 4 Tahun Kepemimpinan Anies Baswedan

Selain untuk mengurai kemacetan, pembangunan Underpass Senen Extension ini juga untuk mendukung Kawasan Senen sebagai kawasan TOD (Transit Oriented Development).

Pembangunan ini juga sekaligus untuk mendukung pergerakan bus transjakarta yang melintasi kawasan tersebut dan mendukung Kementerian Perhubungan dalam menutup perlintasan Kereta Api dari arah Cempaka Putih ke arah Simpang Senen.

Suasana kawasan Senen, Kamis (14/10/2021). Hadirnya Underpass Senen Extension dimanfaatkan dengan baik oleh pengendara yang melintas. Tak terlihat adanya kemacetan pada siang hari ini.
Suasana kawasan Senen, Kamis (14/10/2021). Hadirnya Underpass Senen Extension dimanfaatkan dengan baik oleh pengendara yang melintas. Tak terlihat adanya kemacetan pada siang hari ini. (TribunJakarta.com/Pebby Adhe Liana)

Mengutip data dari Dinas Binamarga saat awal pembangunan, dibuatnya underpass ini juga untuk mengakomodasi pejalan kaki dengan dibangunnya JPO kekinian yang dapat menyeberang dari satu sisi ke sisi lainnya dengan aman.

Hampir setahun sudah kawasan Senen ini ditata ulang, seperti apa pemandangannya saat ini?

Halaman
12
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved