Breaking News:

DKI Jakarta Siapkan 8.945 Personel Untuk Penanganan Sampah di Musim Hujan

Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta menyiapkan 8.945 personel satgas untuk penanganan sampah selama musim hujan.

TRIBUNJAKARTA.COM/MUHAMMAD RIZKI HIDAYAT
Pantauan ketinggian air di Pintu Air Manggarai Jakarta Pusat setelah DKI Jakarta diguyur hujan deras, Kamis (18/2/2021). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Pebby Adhe Liana

TRIBUNJAKARTA.COM, JAKARTA - Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta menyiapkan 8.945 personel satgas untuk penanganan sampah selama musim hujan.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta Asep Kuswanto mengatakan, berbagai persiapan dilakukan untuk mengantisipasi datangnya musim hujan di Jakarta.

Selain kesiapan personel, pun juga terkait dengan sarana prasarana untuk mengangkut sampah.

"UPK Badan Air juga sudah melakukan antisipasi pembersihan sampah di sepanjang saluran penghubung dan pintu-pintu air. Kemudian terdapat petugas untuk memantau perkembangan situasi di setiap lokasi rawan tumpukan sampah saat terjadi banjir kiriman,” kata Asep, Kamis (14/10/2021).

Dalam pelaksanaannya, Asep menjelaskan pihaknya akan memberlakukan pola penanganan sampah ke dalam 4 mode selama musim hujan.

Baca juga: Jelang Musim Hujan, Wali Kota Jakpus Bentuk Gugus Tugas Antisipasi Banjir: Jangan Kasih Kendor!

Dimana pola penanganan sampah tersebut meliputi pola mode normal yang dilakukan pada awal musim hujan, dan pola mode awas yang dilakukan untuk siaga banjir seperti tingginya muka air Katulampa dan tingginya intesitas curah hujan.

"Mode tergenang yaitu ketika kita tanggap darurat banjir yang ditetapkan statusnya oleh BPBD dan terakhir, mode rehabilitasi pasca terjadinya genangan banjir," papar dia.

Pasukan oranye DLH UPK Badan Air, ditugaskan untuk mengantisipasi dan memastikan agar tidak ada sampah yang menyumbat kali, saluran penghubung, atau juga pintu-pintu air.

Beberapa petugas, ditempatkan untuk memantau perkembangan situasi di setiap lokasi rawan tumpukan sampah selama 24 jam saat terjadi banjir kiriman.

Baca juga: Tak Lagi Bisa Prediksi Lokasi Banjir, Kini 267 Kelurahan di Jakarta Punya Alat Ukur Curah Hujan

Halaman
12
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved