Breaking News:

Pasutri yang Nikah Siri di Depok Bisa Buat Kartu Keluarga, Begini Penjelasan Disdukcapil Depok

Kebijakan pasutri yang menikah siri bisa membuat KK ini juga tertuang dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri, nomor 108 tahun 2019.

Penulis: Dwi Putra Kesuma | Editor: Elga H Putra
medan.tribunnews.com
Ilustrasi Menikah. Kini pasutri yang menikah siri bisa membuat kartu keluarga (KK). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Dwi Putra Kesuma

TRIBUNJAKARTA.COM, PANCORAN MAS – Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Depok, Nuraeni Widayati, mengatakan bahwa kini pasutri yang menikah siri bisa membuat kartu keluarga (KK).

Kebijakan pasutri yang menikah siri bisa membuat KK ini juga tertuang dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri, nomor 108 tahun 2019.

Nuraeni mengatakan, satu di antara faktor yang menjadi dasar kebijakan tersebut adalah setiap penduduk di Indonesia wajib terdata dalam KK.

Meski bisa membuat KK, namun nantinya status perkawinan dalam KK tersebut belum tercatat.

“Tugas Disdukcapil mencatat, kami tidak melegitimasi pernikahan siri. Disdukcapil hanya melayani pencatatan kependudukan bagi semua warga, termasuk pasangan nikah siri,” ujar Nuraeni dilansir dari situs resmi Pemerintah Kota Depok, Kamis (14/10/2021).

Baca juga: Tak Perlu ke Kantor Dukcapil, Ini Cara Cetak KK, Akta Kelahiran dan Dokumen Kependudukan Sendiri

“Berbeda dengan pasangan yang sudah memiliki buku nikah atau akta nikah bertuliskan kawin tercatat dalam kolom status perkawinan di KK karena sudah disahkan oleh negara. Jadi Kami  hanya mencatat bahwa sudah terjadinya perkawinan,” timpalnya lagi.

Lanjut Nuraeni, setiap pasutri yang melangsungkan pernikahan siri harus melengkapi syarat tambahan untuk membuat KK.

Syarat tambahan tersebut adalah setiap pasutri harus membawa surat pernyataan tanggung jawab mutlak (SPTJM), yang dibuat oleh wali atau pun pemohon.

“Misalnya yang menikahkan bisa membuat SPTJM. Untuk perubahan tersebut, warga dapat mengurus KK-nya langsung ke operator kami yang ada di 63 kelurahan,” kata dia.

Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved