Breaking News:

Sempat Terpuruk Akibat Pandemi, Anggota Koperasi Kini Senang Produknya Bisa Dipasarkan Secara Online

Usahanya sempat terpuruk akibat pandemi Covid-19, sejumlah anggota Koperasi Aneka Sulaman kini bisa tersenyum setelah produknya dipasarkan online.

Editor: Elga H Putra
ISTIMEWA
Anggota Koperasi Sulaman kini sudah memasarkan hasil produknya secara online. 

TRIBUNJAKARTA.COM - Usahanya sempat terpuruk akibat pandemi Covid-19, sejumlah anggota Koperasi Aneka Sulaman Kabupaten Agam, Sumatera Barat kini bisa tersenyum setelah produknya dipasarkan melalui online.

Mereka mendapat bantuan dari para Dosen Universitas Negeri Padang yang melaksanakan program kemitraan masyarakat berupa Rancang Bangun dan Transfer Keahlian Penggunaan Aplikasi Digital E-Corp Berbasis Android.

Adapun Koperasi Aneka Sulaman yang berada di Kabupaten Agam merupakan salah satu koperasi yang pernah berhasil menyandang status sebagai koperasi OVOP pada tahun 2017.

Hasil dari kegiatan pembinaan pemerintah pada program tersebut mampu menciptakan produk yang bagus dan yang dihasilkan oleh para pengrajin di daerah tersebut.

Produk tersebut semakin laku dipasaran terutama bagi wisatawan yang datang ke kota Bukittinggi dan sekitarnya.

Baca juga: Curhat Bupati Pulau Seribu Ekonomi Warga Terganggu Akibat Belum Dapat CHSE untuk Buka Tempat Wisata

Namun kondisi pandemi covid 19 menyebabkan penurunan omset pada koperasi aneka sulaman.

Untuk itu, melalui kegiatan pengabdian masyarakat, tim merancang aplikasi digital E-Corp berbasis android kepada para anggota koperasi itu.

Adapun alamat web digital E-Corp koperasi tersebut yakni https://ecorpanekasulaman.com

Baca juga: Polisi Banting Mahasiswa hingga Kejang: Pelaku Refleks, Korban Tak Akan Lupa Peristiwa Smackdown

"Disamping itu aplikasi digital ecorp ini juga menyediakan fasilitas bagi pengurus koperasi, anggota koperasi untuk kebutuhan pengelolaan manajemen koperasi antara lain: neraca, laporan laba rugi, perhitungan SHU, data simpanan dan pinjaman dan lain-lain," ujar Ketua pengabdian masyarakat, Rani Sofya, Kamis (14/10/2021).

Rani menuturkan, kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk memberikan solusi bagi permasalahan pengelolaan manajemen yang dialami oleh Koperasi Aneka Sulaman.

"Sehingga dengan aplikasi ini pengelolaan manajeman koperasi dapat dilakukan dalam satu genggaman sehingga lebih efisien dan transparan.

Dikatakannya, aplikasi digital E-Corp juga berfungsi sebagai platform penjualan online dimana pengurus koperasi bisa menampilkan produk yang dijual pada menu khusus penjualan sehingga pemasaran produk bisa menembus pasar nasional.

"Kami berharap pengabdian ini akan bermanfaat bagi koperasi Aneka Sulaman melalui pemanfaatan aplikasi yang telah dirancang oleh tim, dan semoga Kerjasama dengan koperasi Aneka Sulaman bisa terus berlanjut melalui kegiatan pengabdian di tahun tahun selanjutnya," kata dia.

Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved