Breaking News:

Suara Azan Ibu Kota Disoroti Media Asing, Wagub Ariza: Kita Harus Hormati Semua Agama

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria, angkat bicara soal pemberitaan media asing yang menyoroti suara azan di Jakarta

Nur Indah Farrah Audina / Tribun Jakarta
Wagub DKI Jakarta Ahmad Riza Patria saat diwawancarai awak media di Gedung DPRD DKI, Kamis (14/10/2021) 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Nur Indah Farrah Audina

TRIBUNJAKARTA.COM, GAMBIR - Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria, angkat bicara soal pemberitaan media asing yang menyoroti suara azan di Jakarta.

Diketahui, media Internasional Agence France-Presse (AFP) menyoroti suara azan di Ibu Kota dalam berita berjudul Piety or Noise Nuisance? Indonesia Tackles Call to Prayer Volume Backlash.

Salah satu narasumber pada berita tersebut adalah Rina (nama disamarkan), seorang muslimah yang memiliki gangguan kecemasan.

Terkait hal tersebut, Ariza, sapaan karib sang Wakil Gubernur, mengatakan, azan merupakan panggilan salat dan ibadah bagi muslim.

Sehingga setiap orang harus menghormati serta toleransi terhadap semua agama.

"Azan ini, itu kan memang panggilan salat dan ibadah. Tentu kita harus hormati semua agama yang ada di Indonesia. Jadi setiap nenek kita, leluhur kita sudah ada azan. Jadi tidak usah dipermasalahkan, jadi segera bisa disampaikan bahwa ini adalah Indonesia, yang mayoritas muslim. Ya warganya setiap jam salat selalu ada panggilan untuk salat," jelasnya di Jakarta Pusat, Kamis (14/10/2021).

Polisi Gerindra ini menilai hal ini tidak masalah. Ia pun akan melakukan pengecekan terhadap hal tersebut.

Baca juga: Terima 58 Jahitan, Azmi Lolos dari Maut Setelah Lantunkan Azan yang Buat Raja Hutan Pergi

"Jadi saya pikir itu tidak masalah. Masuk masjid, orang taklimmajelis semua juga mengerti batasan-batasan, saya kira itu tidak masalah," ungkapnya.

"Ya kan dilihat di mana, yang mengeluh itu di mana, daerah mana, nanti kita cek, silakan, ini kan negara yang besar dan sangat demokratis. Kami menghargai satu sama lain, dan azan itu kan tidak berlama-lama hanya beberapa menit saja," tandasnya.

Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved