Breaking News:

Wakil Wali Kota Jakarta Pusat Buka Suara Rencana Kawasan Menteng Jadi Lokasi Nama Jalan Tokoh Turki

Wakil Wali Kota Jakarta Pusat Irwandi buka suara soal rencana pergantian nama jalan menjadi nama seorang tokoh Turki, Mustafa Kemal Ataturk.

TribunJakarta.com/Muhammad Rizki Hidayat
Wakil Wali Kota Jakarta Pusat, Irwandi, saat diwawancarai ihwal kapan pertama kalinya berpuasa, di kantornya, Senin (19/4/2021). Wakil Wali Kota Jakarta Pusat Irwandi mengaku masih belum tahu soal adanya rencana pergantian nama jalan di wilayahnya menjadi nama seorang tokoh Turki, Mustafa Kemal Ataturk. 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Pebby Adhe Liana

TRIBUNJAKARTA.COM, JAKARTA - Wakil Wali Kota Jakarta Pusat Irwandi mengaku masih belum tahu soal adanya rencana pergantian nama jalan di wilayahnya menjadi nama seorang tokoh Turki, Mustafa Kemal Ataturk.

Kawasan Menteng, sebelumnya disebut-sebut menjadi lokasi yang akan diubah nama salah satu jalannya menjadi nama Mustafa Kemal Ataturk.

"Belum ada (pembahasan), itu belum ada infonya. Itu di (Pemerintah) Provinsi dulu pembahasannya. Bagaimana Pak Sekda, Pak Gubernur, pokoknya kita belum tahu," kata Irwandi di konfirmasi, Senin (18/10/2021).

Irwandi mengatakan, rencana pergantian nama jalan ini bukan menjadi wewenangnya. Melainkan, pembahasan dilakukan secara langsung di tingkat provinsi.

Oleh sebab itu, ia pun mengaku masih belum mengetahui secara jelas dimana rencana pergantian nama tersebut bakal dilakukan.

Baca juga: Irwandi Sebut Johar Baru Kerap Tergenang Karena Kali Sentiong Banyak Sampah Warga

"Nama jalan itu kan wewenang provinsi. Bagaimana Pak Gubernur, atau Pak Sekda. Jadi itu kewenangan provinsi, kita jalan aja. Kalau mau jalan, kita siap aja," pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya, Pemprov DKI Jakarta berencana menjadikan nama Presiden pertama Turki Mustafa Kemal Ataturk sebagai nama satu ruas jalan di Jakarta.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan pemberian nama tersebut merupakan bentuk kerja sama Indonesia, dengan pemerintah Turki.

"Jadi memang ada keinginan dari kita dan dari pemerintah Turki agar ada nama dari (tokoh) kita yang ada di Turki dan nama tokoh dari Turki," kata Riza di Duren Sawit, Jakarta Timur, Minggu (17/10/2021).

Baca juga: Pasrah Dijual Suami ke Pria Hidung Belang Meski Hamil Tua, Istri di Surabaya Nangis Ungkap Alasan

Rencana ini sebagai timbal balik atas dijadikannya nama Presiden pertama Indonesia Soekarno sebagai nama ruas jalan di depan kantor KBRI Ankara, yakni Jalan Ahmet Soekarno.

Namun Riza tidak membeberkan ruas jalan mana yang akan diberi nama dengan Mustafa Kemal Ataturk, pun apakah lokasi benar di wilayah Kecamatan Menteng, Jakarta Pusat.

"Nanti akan disampaikan ya," ujarnya.

Di sisi lain, Menteri Luar Negeri (Menlu) RI, Retno Marsudi mengatakan bahwa Pemerintah Turki menggunakan nama Presiden pertama Indonesia Soekarno sebagai nama jalan.

"Pemerintah Turki juga menganugerahkan nama jalan di depan kantor KBRI Ankara yang baru dengan nama Jalan Ahmet Soekarno," kata Retno dalam konferensi pers virtual usai melakukan kunjungan ke Turki, Selasa (12/10/2021).

Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved