Breaking News:

Info Kesehatan

Kista Tumbuh Lagi Setelah Operasi, Apakah Mungkin? Ini Penjelasan Dokter

Jika pernah mengidap salah satu penyakit tersebut, maka sangat disarankan bagi perempuan untuk melakukan operasi angkat rahim.

Shutterstock via Kompas
Ilustrasi 

TRIBUNJAKARTA.COM -Operasi angkat rahim atau yang dalam istilah medisnya adalah histerektomi biasa dilakukan bagi perempuan yang mengidap kanker di organ-organ reproduksinya. 

Penyakit-penyakit tersebut diantaranya adalah endometriosis, turun peranakan, kanker serviks, miom, radang panggul, dan menstruasi yang tidak normal. 

Jika pernah mengidap salah satu penyakit tersebut, maka sangat disarankan bagi perempuan untuk melakukan operasi angkat rahim.

Namun perlu adanya tindakan-tindakan spesifik yang dilakukan dan disesuaikan dengan kondisinya atau tindakan lanjutan pasca operasi. 

Dokter Jerio Wijaya, Sp. OG dalam siaran Konsultasi Kesehatan Sonora (14/10/21) mengatakan kalau perempuan yang sudah melalui operasi ini perlu mengontrol ke dokter untuk memastikan tidak ada masalah. 

Namun, beda kondisi beda langkah.

Perlu diketahui kalau operasi angkat rahim ini bisa dilakukan dengan mengangkat rahim saja atau diangkat dengan kedua indung telur.

Baca juga: Jangan Salah Kaprah, Begini Perbedaan Vaksin Booster dan Vaksin Dosis Ketiga

"Kalau mendekati usia menopause, biasanya yang diangkat keduanya hingga bersih," ujar dokter.

Jika operasi ini mengangkat semua organnya, maka tidak perlu ada kontrol.

Terlebih jika tidak ada keluhan apa-apa yang menyertainya. 

Halaman
12
Sumber: Grid.ID
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved