Breaking News:

Tak Hanya Pria, Wanita Juga Bisa Alami Disfungsi Seksual: Kenali Gejalanya

Apabila ditemukan adanya gangguan dari salah satu tahapan tersebut, maka hal ini lah yang kemudian bisa dikenali sebagai disfungsi seksual pada wanita

Intisarionline
Ilustrasi - Disfungsi seksual wanita 

Laporan wartawan TribunJakarta.com, Pebby Adhe Liana

TRIBUNJAKARTA.COM, JAKARTA - Masalah disfungsi seksual tak hanya bisa terjadi pada kaum laki-laki, wanita pun demikian.

Hal itu seperti yang diungkapkan oleh Konsultan Female, Fungctional, dan Neurourology, dr Fina Widia Sp U (K), dalam webinar kesehatan bertajuk Antara Cinta dan Vitalitas yang digelar oleh Eka Hospital, Selasa (19/10/2021) hari ini.

"Selama ini, kalau kita bicara disfungsi seksual biasanya lebih dikaitkan pada laki-laki. Padahal sebenarnya perempuan bisa mengalami masalah yang sama dan berhak mendapatkan tata laksana yang sama, sehingga kualitas hidupnya bisa lebih baik," kata Fina.

Pada dasarnya, ia mengatakan bahwa setiap manusia memiliki respons seksual normal.

Sama halnya seperti laki-laki, wanita juga memiliki respons seksual yang meliputi adanya rasa keinginan, gairah, munculnya rasa klimaks, dan juga resolusi.

Baca juga: Kapan Waktu Terbaik Menjelaskan Seksualitas Pada Anak? Simak Tahapan-Tahapannya

Apabila ditemukan adanya gangguan dari salah satu tahapan tersebut, maka hal ini lah yang kemudian bisa dikenali sebagai disfungsi seksual pada wanita.

"Memang angka pastinya di Indonesia kita belum tahu pastinya. Tapi, ada beberapa literatur di dunia ini sekitar 38 persen sampai 63 persen perempuan memiliki gangguan seksual. Biasanya meningkat seiring dengan bertambahnya usia, sering dikaitkan dengan penuaan atau menopause," paparnya.

Ia menjelaskan, bahwa hormon memiliki peran penting dalam meregulasi fungsi seksual pada wanita.

Misalnya seperti hormon estrogen yang memiliki efek vasodilatasi dan vasoprotektif, dimana hormon ini dapat melebarkan pembuluh darah hingga meningkatkan aliran darah pada area kemaluan untuk mempertahankan fungsi seksual.

Baca juga: Susah Gemuk Meski Sudah Banyak Makan? Coba Cara Ini Jaga Kebugaran Tubuh

Halaman
123
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved