Breaking News:

Pengunjung Hutan Kota Munjul Belum Tahu Syarat Sertifikat Vaksin Covid-19

Nantinya, di pintu akses masuk dan keluar pun bakal disediakan scan barcode untuk pengunjung menggunakan aplikasi PeduliLindungi

Penulis: Bima Putra | Editor: Acos aka Abdul Qodir
Bima Putra / Tribun Jakarta
Hutan Kota Munjul, Jakarta Timur pada Sabtu (23/10/2021) 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, CIPAYUNG - Syarat menunjukkan bukti vaksinasi Covid-19 untuk masuk ruang terbuka hijau (RTH) yang diberlakukan Pemprov DKI Jakarta belum sepenuhnya diketahui warga.

Di Hutan Kota Munjul, Kelurahan Munjul, Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur misalnya, sejumlah pengunjung mengaku tidak mengetahui syarat tersebut.

Ardhi (23), satu pengunjung Hutan Kota Munjul mengaku baru mengunduh aplikasi PeduliLindungi saat diminta petugas pengamanan dalam (Pamdal) menunjukkan sertifikat vaksinasi Covid-19.

"Saya kira syaratnya cuma memakai masker saja. Makanya baru download aplikasi PeduliLindungi. Untungnya sih sudah vaksin dosis satu," kata Ardhi di lokasi.

Dia memilih menghabiskan akhir pekan di Hutan Kota Munjul lantaran bosan di rumah dan mengetahui Pemprov DKI Jakarta kembali membuka RTH secara serentak pada Sabtu (23/10/2021).

Baca juga: Hari Pertama Dibuka, Pengunjung Sudah Antre Sejak Pagi di Taman Margasatwa Ragunan

Meski mengaku baru mengetahui, Ardhi mengaku tidak keberatan dengan syarat sertifikasi vaksinasi Covid-19 untuk pengunjung RTH.

"Karena saya sudah vaksinasi Covid-19 jadi enggak masalah, mungkin kalau yang belum vaksinasi agak keberatan ya. Karena untuk taman dan hutan kota ini kan ibaratnya area wisata gratis warga," ujarnya.

Ardhi menuturkan kondisi Hutan Kota Munjul yang sempat ditutup guna mencegah penularan Covid-19 meluas kini masih dalam kondisi terawat dan bisa dinikmati warga berwisata.

Baca juga: Mulai Hari Ini, Kepulauan Seribu Sudah Dibuka untuk Wisatawan

Selain itu, tidak terdapat wahana bermain, menurutnya Hutan Kota Munjul tetap bagus jadi tempat wisata karena udaranya segar, memiliki area luas, dan ditumbuhi berbagai jenis pohon rindang.

"Ada danaunya juga ya buat orang yang suka mancing, tadi saya lihat ada beberapa orang mancing. Hutannya juga bagus, kayak di komik Naruto saja sih kalau menurut saya, banyak pohon," tuturnya.

Anggota Pamdal Hutan Kota Munjul Nur M Iman menuturkan syarat menunjukkan bukti vaksinasi saat masuk merupakan bagian dari penerapan protokol kesehatan pencegahan penularan Covid-19.

Nantinya, di pintu akses masuk dan keluar pun bakal disediakan scan barcode untuk pengunjung menggunakan aplikasi PeduliLindungi sebagaimana diberlakukan di tempat-tempat wisata lain.

"Ke depannya juga akan digunakan barcode. Jadi pengunjung yang masuk harus scan dahulu. Begitu juga ketika mau keluar harus scan lagi karena ini terhubung dengan Balaikota," kata Iman.

Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved