Virus Corona di Indonesia

Aturan PCR Bagi Penumpang Pesawat Jawa-Bali Mulai Berlaku Hari Ini, PT Angkasa Pura Siapkan Dukungan

Pemerintah mulai memberlakukan peraturan baru pada hari ini, Minggu (24/10/2021), bagi pengguna mode transportasi udara.

Editor: Wahyu Septiana
KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG
Penumpang di terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten - Pemerintah mulai memberlakukan peraturan baru pada hari ini, Minggu (24/10/2021), bagi pengguna mode transportasi udara. 

TRIBUNJAKARTA.COM, JAKARTA - Pemerintah mulai memberlakukan peraturan baru pada hari ini, Minggu (24/10/2021), bagi pengguna mode transportasi udara.

Penumpang pesawat untuk rute dari dan ke Jawa-Bali harus menunjukkan bukti negatif virus corona (Covid-19) dengan tes PCR yang berlaku 2x24 jam.

Pemberlakuan ketentuan di dalam Surat Edaran Menteri Perhubungan Nomor 88/2021 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang Dalam Negeri Dengan Transportasi Udara Pada Masa Pandemi Covid-19.

Pelaku perjalanan yang menggunakan transportasi udara wajib mengikuti kebijakan tersebut jika ingin menggunakan pesawat.

"Hal ini untuk memberikan kesempatan kepada maskapai dan operator bandara mempersiapkan diri," ujar Juru Bicara Kementerian Perhubungan Adita Irawati.

Kewajiban pemeriksaan menggunakan PCR menggantikan aturan sebelumnya yang hanya menggunakan antigen. Kebijakan tersebut berlaku bagi wilayah Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 3 dan wilayah Jawa dan Bali.

Antrean penumpang di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta yang mulai menumpuk menjelang hari libur Maulid Nabi Muhammad SAW, Selasa (19/10/2021).
Antrean penumpang di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta yang mulai menumpuk (ist)

Adita bilang tingkat penumpang pesawat telah menunjukkan tren pertumbuhan selama menurunnya kasus Covid-19 ini. Pertumbuhan tersebut mencapai 12% dibandingkan sebelumnya.

PT Angkasa Pura II menyatakan telah menyiapkan pelaksanaan aturan tersebut di bandara-bandara yang dinaunginya.

Baca juga: Aturan Baru Naik Pesawat, Penerbangan Jawa dan Bali dari Bandara Soekarno-Hatta Wajib Pakai PCR

“Sebagai bandara terbesar dan tersibuk di Indonesia, serta jangkar untuk penerbangan domestik, Bandara Soekarno-Hatta siap mendukung perjalanan dalam negeri dengan transportasi udara selalu memenuhi protokol kesehatan di dalam SE Menhub,” ujar President Directof of PT Angkasa Pura II (Persero) Muhammad Awaluddin.

Berikut dukungan yang disiapkan Bandara Soekarno-Hatta untuk penerapan ketentuan baru yang berlaku 24 Oktober:

1. Airport Health Center

Bandara Soekarno-Hatta menyediakan fasilitas tes RT-PCR di Airport Health Center yang terletak di di Terminal 3 dan Terminal 2.

Di setiap terminal tersedia layanan walk-in service (calon pemumpang langsung datang ke lokasi), lalu pre-order service (calon penumpang melakukan reservasi terlebih dahulu di antaranya melalui aplikasi travelin), kemudian drive thru service.

Sebanyak 12 warga negara Srilanka dideportasi pihak imigrasi karena pelanggaran dokumen kesimigrasian melalui Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Minggu (10/10/2021). 
Penumpang di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Minggu (10/10/2021).  (Istimewa)

Airport Health Center dioperasikan oleh mitra yang memiliki kompetensi di bidang tersebut.

Halaman
123
Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved