Breaking News:

Tanggapi Rapor Merah LBH Jakarta, Pemprov DKI Pastikan Warga Terlibat dalam Penataan Kampung

Pemprov DKI kian berkomitmen untuk menghadirkan hunian layak bagi warga Jakarta, terutama mereka yang menjadi korban penggusuran.

Nur Indah Farrah Audina / Tribun Jakarta
Asisten Pemerintahan Sekretaris Daerah Provinsi DKI Jakarta, Sigit Wijatmoko saat konpers di Penpodo Balai Kota - Pemprov DKI kian berkomitmen untuk menghadirkan hunian layak bagi warga Jakarta, terutama mereka yang menjadi korban penggusuran. 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Nur Indah Farrah Audina

TRIBUNJAKARTA.COM, GAMBIR - Pemprov DKI buka suara perihal permukiman yang layak bagi warga Jakarta.

Sebagai bentuk tindak lanjut dari rapor merah yang diberikan Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Jakarta yang menyoroti soal permukiman, Pemprov DKI kian berkomitmen untuk menghadirkan hunian layak bagi warga Jakarta, terutama mereka yang menjadi korban penggusuran.

“Sebelumnya, kami sampaikan terima kasih dan apresiasi kepada LBH Jakarta yang telah menyusun laporan dan memberikannya kepada kami. Izinkan dalam kesempatan ini kami juga menyampaikan langkah-langkah yang sudah kami lakukan untuk menghadirkan keadilan sosial bagi seluruh warga Jakarta,” Asisten Pemerintahan Sekda Provinsi DKI Jakarta, Sigit Wijatmoko yang dikutip TribunJakarta.com, Minggu (24/10/2021).

Menggunakan pendekatan Community Action Plan (CAP), penataan kampung kota  melibatkan ahli hukum dan perumahan.

Tujuannya membantu merumuskan skema pengelolaan dan pemanfaatan sesuai kebutuhan warga.

Wali Kota Jakarta Utara Sigit Wijatmoko di Kantor Kecamatan Cilincing, Jakarta Utara, Selasa (11/2/2020).
 Sigit Wijatmoko di Kantor Kecamatan Cilincing, Jakarta Utara, Selasa (11/2/2020). (TRIBUNJAKARTA.COM/GERALD LEONARDO AGUSTINO)

"Warga di lingkungan tersebut juga memberikan masukan atas desain hunian. Mekanisme perumusan skema pemanfaatan dan pengelolaan kampung susun pun dilakukan sesuai kesepakatan bersama warga," jelasnya.

Sejauh ini, Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Anies Baswedan, telah meresmikan tiga kampung kota, yakni Kampung Susun Akuarium, Kampung Susun Cakung dan Kampung Susun Kunir.

Baca juga: Sepakat, Pemprov DKI dan Pemkot Bekasi Teken Perpanjangan Kerja Sama TPST Bantargebang Senin Depan

Hal ini diketahui sebagai wujud komitmen untuk memastikan warga mendapatkan hunian layak ketika rumah mereka harus digusur untuk kepentingan publik.

Sebelumnya, Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Jakarta menyambangi kantor Gubernur Anies Baswedan di Balai Kota.

Halaman
123
Berita Populer
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

Tribun JualBeli
© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved