Breaking News:

Sanggah Rapor Merah Anies, Pemprov DKI Tegaskan Tak Lagi Gusur Warga seperti Era Ahok

Sebelumnya, janji kampanye Gubernur Anies Baswedan yang tak akan menggusur warga selama masa kepemimpinannya disorot LBH Jakarta.

TribunJakarta.com/Gerald Leonardo Agustino
Suasana penggusuran rumah warga di permukiman Kampung Sawah, RW 011 Semper Timur, Cilincing, Jakarta Utara, Kamis (3/12/2020). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Dionisius Arya Bima Suci

TRIBUNJAKARTA.COM, GAMBIR - Pemprov DKI Jakarta membantah masih menggunakan praktek-praktek penggusuran dalam menata permukiman dan kewilayah di ibu kota.

Asisten Pemerintahan Sekretaris Daerah DKI Jakarta Sigit Wijatmoko menegaskan, penertiban yang dilakukan petugas Satpol PP bukan merupakan tindakan penggusuran yang mencederai Hak Asasi Manusia (HAM).

"Yang dilakukan oleh Satpol PP merupakan penertiban terhadap pelanggaran aturan daerah dalam menjaga ketertiban kota yang dilakukan sesuai ketentuan perundang-undangan," ucapnya, Senin (25/10/2021).

"Prosesnya dilakukan melalui dialog antara aparat pemerintah dengan warga," tambahnya.

Hal ini dikatakan Sigit menanggapi tudingan Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Jakarta yang menyebut Pemprov DKI di bawah kendali Gubernur Anies Baswedan masih menjalankan praktek penggusuran seperti era Gubernur Basuki Tjahaja Purnama (BTP) alias Ahok.

Baca juga: 10 Masalah yang Buat Anies Baswedan Dapat Rapor Merah dari LBH, Mulai Banjir sampai Tempat Tinggal

Anak buah Gubernur Anies Baswedan ini lebih lanjut menerangkan, pelanggaran aturan yang dimaksud ialah kegiatan usaha atau sejenisnya yang dapat mengakibatkan bencana di sekitar, seperti permukiman yang dapat menghambat saluran air sehingga menyebabkan banjir yang lebih parah.

Selain itu, Pemprov DKI Jakarta juga sering mengundang LBH Jakarta untuk berdiskusi tentang perencanaan penataan permukiman untuk mengakomodir kebutuhan warga akan hunian. 

"Hal itu dilakukan sesuai peran Pemprov DKI sebagai kolaborator bagi masyarakat dalam upaya pembangunan kota," ujarnya dalam keterangan tertulis.

Baca juga: Tanggapi Rapor Merah LBH Jakarta, Klaim Pemprov DKI Tangani Banjir Lebih Cepat dari Tahun Lalu

Sigit menyebut, selama empat tahun kepemimpinan Gubernur Anies, Pemprov DKI telah membangun dan meresmikan tiga kampung, yaitu Kampung Susun Kunir, Kampung Susun Produktif Tumbuh Cakung, dam Kampung Susun Akuarium.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved