Breaking News:

Tips Menanam Anggur dari Komunitas Anggur Jakarta

Bila warga tetap ingin menanam anggur asal negara bersalju maksimal, disarankan memilih varietas dari wilayah negara yang musim saljunya tidak terlamp

Penulis: Bima Putra | Editor: Acos aka Abdul Qodir
TRIBUNJAKARTA.COM/BIMA PUTRA
Panen anggur di kebun permukiman warga RT 04/RW 06 Kelurahan Munjul, Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur, Sabtu (23/10/2021). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, CIPAYUNG - Kebun anggur di permukiman warga RW 06 Kelurahan Munjul, Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur jadi contoh anggur dapat dibudidaya secara urban farming.

Sejak dirintis bulan September tahun 2020 lalu, kini sebanyak 30 varietas anggur yang didominasi asal dari Ukraina tumbuh di antara gang-gang permukiman warga RW 06 Kelurahan Munjul.

Pembina Komunitas Anggur Jakarta Yatno mengatakan budidaya anggur kini mulai dilirik warga Ibu Kota karena dapat dilakukan di lahan yang terbatas dan memiliki nilai ekonomi tinggi.

Yatno yang sejak awal membantu warga RW 06 Kelurahan Munjul mengatakan ada sejumlah hal yang perlu diperhatikan bagi warga, pertama pemilihan varietas atau jenis anggur ditanam.

"Kalau untuk dihindari dari negara yang asalnya bersaju maksimal. Seperti Korea, Jepang yang bersalju di sini agak kurang pertumbuhannya," kata Yatno di Jakarta Timur, Sabtu (23/10/2021).

Baca juga: Sempat Gagal, Kini Kebun Anggur Warga Munjul Miliki 30 Varietas Beromzet Jutaan Rupiah

Bila warga tetap ingin menanam anggur asal negara bersalju maksimal, disarankan memilih varietas dari wilayah negara yang musim saljunya tidak terlampau dominan sehingga bisa beradaptasi.

Satu negara bersalju yang jenis anggurnya dapat dan mudah beradaptasi dengan iklim di Indonesia yakni Ukraina, di kebun anggur warga RW 06 Munjul kini ditanam sekitar 20 jenis asal Ukraina.

"Selanjutnya untuk anggur harus kena 60-70 persen sinar matahari full. Kalau pun ada green house atau tertutup mesti ada sinar matahari seperti lampu. Bisa dilakukan secara hidroponik," ujarnya.

Baca juga: Kebun Anggur di Gang Warga Munjul Bakal jadi Kampung Agrowisata

Yatno menuturkan tips lain untuk orang yang baru belajar menanam anggur yakni tidak menyiram terlalu sering guna mencegah terjadinya pembusukan akar akibat media tanam terlalu basah.

Halaman
12
Berita Populer
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

Tribun JualBeli
© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved