Breaking News:

Virus Corona di Indonesia

Penerbangan Domestik Wajib PCR, Pilot Garuda Indonesia Khawatir Penumpang Berkurang

Asosiasi pilot garuda (APG) mengaku keberatan soal aturan penumpang pesawat perjalan Jawa dan bali wajib melakukan tes PCR.

Penulis: Ega Alfreda | Editor: Wahyu Septiana
KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG
Penumpang di terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten - Asosiasi pilot garuda (APG) mengaku keberatan soal aturan penumpang pesawat perjalan Jawa dan bali wajib melakukan tes PCR. 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Ega Alfreda

TRIBUNJAKARTA.COM, TANGERANG - Asosiasi Pilot Garuda (APG) mengaku keberatan soal aturan penumpang pesawat perjalan Jawa dan bali wajib melakukan tes PCR.

Sebagai informasi, peraturan tersebut berdasarkan (SE) Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Nomor 21 Tahun 2021 tentang ketentuan perjalanan orang dalam negeri pada masa pandemi Covid19 dan SE Kementerian Perhubungan Nomor 88 tahun 201.

Donny Kusmanagri selaku Plt. Presiden APG mengaku peraturan tersebut terindikasi akan kembali mengurangi jumlah penumpang yang saat ini mulai tumbuh naik.

"Ketika aturan persyaratan perjalanan moda transportasi udara diperketat kembali dengan aturan di atas, ini akan kembali memberatkan calon penumpang dan berdampak langsung kepada berkurangnya tingkat keterisian pesawat yang pada akhirnya memukul sektor pariwisata," ujar Donny, Selasa (26/10/2021).

Keberatan itu bukan tanpa alasan terlebih teknologi pesawat dilengkapi dengan HEPA filter.

Antrean penumpang di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta yang mulai menumpuk menjelang hari libur Maulid Nabi Muhammad SAW, Selasa (19/10/2021).
Antrean penumpang di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta yang mulai menumpuk (ist)

Teknologi tersebut berfungsi mencegah penularan virus di dalam pesawat.

Menurut Donny, berdasarkan penelitian dari berbagai pihak menunjukan angka penularan Covid-19 di pesawat sangat kecil dibandingkan dengan moda transportasi lainnya.

Baca juga: Aturan PCR Bagi Penumpang Pesawat Jawa-Bali Mulai Berlaku Hari Ini, PT Angkasa Pura Siapkan Dukungan

"Prokes yang ketat serta persyaratan vaksinasi juga diterapkan baik bagi awak pesawat maupun penumpang," sambung dia.

Mengingat dampaknya yang akan sangat terasa bagi dunia penerbangan dan pariwisata, APG berharap ada evaluasi atas kebijakan itu.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved