Breaking News:

Cerita Kriminal

Dua Pencuri Kucing di Depok Dibebaskan Jaksa, Ini Alasannya

Saat itu, kedua pelaku berhasil ditangkap polisi setelah mengunggah kucing di media sosial.

Dok. Kejari Depok
Jaksa penuntut pada Kejari Depok menyerahkan surat penhentian tuntutan terhadap dua terdakwa kasus pencurian kucing SJ (20) dan MA (19) di Rumah Tahanan Kejari Depok, Jawa Barat. Pembebasan keduanya atas dasar┬ákeadilan restoratif atau restorative justice. 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Dwi Putra Kesuma

TRIBUNJAKARTA.COM, PANCORAN MAS – Atas dasar keadilan restoratif (restorative justice), Kejaksaan Negeri Depok memutuskan menghentikan penuntutan terhadap dua terdakwa kasus pencurian kucing berinisial SJ (20) dan MA (19).

Kepala Seksi Intelijen Kejari Depok, Andi Rio Rahmat Rahmatu, mengatakan, upaya perdamaian secara restorative justice telah dilakukan antara terdakwa dan korban, dengan disaksikan keluarga masing-masing.

“Ekspose dilakukan secara virtual melalui sarana video conference di Aula Kantor Kejari Depok oleh Kepala Kejaksaan Negeri Depok dan para Jaksa,” ujar Andi dalam keterangan resminya, Rabu (27/10/2021).

Restorative justice atau keadilan restoratif merupakan penyelesaian tindak pidana dengan pendekatan yang lebih menitikberatkan pada terciptanya keadilan dan keseimbangan antara pelaku dan korbannya.

Surat ketetapan penghentian penuntutan ini pun diserahkan langsung oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) Tiazara Lenggogeni ke Polsek Cinere, untuk mengeluarkan terdakwa dari ruang tahanan.

Ilustrasi kucing
Ilustrasi kucing (freepik.com)

Lebih lanjut, Andi mengatakan bahwa restorative justice ini telah diamanatkan dalam Peraturan Kejaksaan RI Nomor 15 Tahun 2020, yang bertujuan untuk menciptakan harmonisasi keadilan di masyarakat.

“Antara pelaku dan korban telah sepakat berdamai sehingga JPU melakukan restorative justice juga tersangka baru pertama kali melakukan tindak pidana,” jelasnya.

“Meskipun penuntutan telah dihentikan, kita tetap melakukan pemantauan terhadap pelaku agar tidak mengulangi perbuatannya,” timpalnya lagi.

Baca juga: Aksi Meresahkan Pencuri Kucing Berkeliaran di Depok, Naik Sepeda Motor Bawa Langsung Kabur 1 Menit

Untuk informasi, kedua terdakwa nekat mencuri seekor kucing di Jalan Madrasah, Limo, Kota Depok, pada Rabu (18/8/2021) silam.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved