Breaking News:

Sisi Lain Metropolitan

Ada Batu Penggilingan Tebu dari Abad Ke-17 di Trotoar Pasar Rebo, Kini Dipindah ke Cagar Budaya

Pemprov DKI Jakarta memindahkan batu penggilingan tebu bersejarah yang berada di trotoar Jalan TB Simatupang, Kelurahan Gedong, Kecamatan Pasar Rebo

Penulis: Bima Putra | Editor: Jaisy Rahman Tohir
Dokumentasi Damkar Jakarta Timur
batu penggilingan tebu abad ke-17 yang berada di trotoar Jalan TB Simatupang ke Cagar Budaya Betawi Condet, Pasar Rebo, Jakarta Timur, Kamis (28/10/2021). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, PASAR REBO - Pemprov DKI Jakarta memindahkan batu penggilingan tebu bersejarah yang berada di trotoar Jalan TB Simatupang, Kelurahan Gedong, Kecamatan Pasar Rebo, Jakarta Timur pada Kamis (28/10/2021).

Menggunakan unit mobil crane Sudin Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Timur (Gulkarmat), batu yang berpotensi sebagai benda cagar budaya itu dievakuasi dari trotoar jalan.

Kasi Operasional Sudin Gulkarmat Jakarta Timur, Gatot Sulaeman, mengatakan, pemindahan dilakukan atas permintaan Pusat Konservasi Cagar Budaya Dinas Kebudayaan DKI Jakarta.

"Konon dulu batu ini dipergunakan untuk penggilingan tebu. Berat batu sekitar 360 kilogram itu kemudian dipindahkan ke Cagar Budaya Betawi Condet," kata Gatot di Jakarta Timur, Kamis (28/10/2021).

Meski berada di trotoar Jalan TB Simatupang yang banyak dilintasi pengguna jalan, banyak warga tidak mengetahui bahwa batu tersebut merupakan benda bersejarah.

Pasalnya tidak terdapat pelang atau penanda lain bahwa batu tersebut dahulunya digunakan masyarakat untuk penggilingan tebu, diperkirakan batu peninggalan abad 17.

Pemindahan batu dari trotoar Jalan TB Simatupang ke Cagar Budaya Betawi Condet melibatkan tim gabungan yang terdiri dari jajaran Pemprov DKI Jakarta, arkeolog, dan personel TNI-Polri.

Proses pemindahan batu penggilingan tebu abad ke-17 yang berada di trotoar Jalan TB Simatupang ke Cagar Budaya Betawi Condet, Pasar Rebo, Jakarta Timur, Kamis (28/10/2021).
Proses pemindahan batu penggilingan tebu abad ke-17 yang berada di trotoar Jalan TB Simatupang ke Cagar Budaya Betawi Condet, Pasar Rebo, Jakarta Timur, Kamis (28/10/2021). (Dokumentasi Damkar Jakarta Timur)

Baca juga: Selamat Hari Sumpah Pemuda, Ini Sejarah & Isi Teks yang Diucapkan di Kongres Pemuda 28 Oktober 1928

"Batu terpendam separuh di dalam tanah. Tim gabungan mulai evakuasi pukul 11.30 WIB, proses evakuasi sekitar dua jam. Tidak ada kendala dalam proses pemindahan," ujarnya.

Pemindahan batu bersejarah dari era Jakarta masih bernama Batavia itu bertujuan menyelamatkan benda bersejarah agar tidak terbengkalai karena berada di trotoar jalan.

Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved