Breaking News:

Dave Laksono Nilai Literasi Digital Sebagai Upaya Kembangkan Wawasan Kebangsaan

Anggota Komisi I DPR Dave Laksono menekankan bahwa literasi digital menjadi keharusan bagi masyarakat. Ingatkan bahaya hoaks dan konten SARA.

Istimewa
Dave Fikarno Laksono pada sesi webinar yang diselenggarakan oleh Ditjen Aptika kominfo RI dengan tema “Literasi Digital Dalam Meningkatkan Wawasan Kebangsaan” Rabu (27/10/2021). 

TRIBUNJAKARTA.COM - Perkembangan teknologi informasi dan internet kini menjadi sarana komunikasi utama bagi masyarakat.

Hal itu ditandai dengan pesatnya penggunaan media sosial menjadi satu kebiasan budaya baru dalam proses interaksi dan membangun relasi sosial.

Selain memberikan kemudahaan dalam berkomunikasi, perkembangan teknologi informasi dan internet juga ternyata berimplikasi pada hal–hal yang negatif, seperti penyebaran berita bohong yang dapat beredar begitu cepat serta maraknya konten SARA juga memicu polemik di masyarakat.

Hal tersebut disikapi Dave Fikarno Laksono pada sesi webinar yang diselenggarakan oleh Ditjen Aptika kominfo RI dengan tema “Literasi Digital Dalam Meningkatkan Wawasan Kebangsaan” Rabu (27/10/2021),

Dave Laksono menekankan bahwa literasi digital menjadi keharusan bagi masyarakat.

Baca juga: Biro Humas Kemendag Pelajari Inovasi Layanan Informasi Publik Pemkot Bekasi

"Perkembangan Teknologi ini adalah sesuatu yang baik, akan tetapi jika penggunaan dan cara masyarakat menyikapinya kurang tepat justru akan mengancam eksistensi NKRI," kata Dave Laksono.

"Kita bisa lihat saat ini, banyaknya berita bohong dan konten SARA begitu cepat menyebar dan mempengaruhi alur berfikir masyarakat," tambahnya.

Oleh karena itu, anggota Komisi I DPR RI Dave Fikarno Laksono mendorong usulan Undang Undang tentang pencegahan konten Hoaks.

Selain itu, ia mendorong pemerintah agar lebih massif melakukan literasi digital kepada masyarakat.

"Penyebaran konten hoaks harus kita lawan dengan berita optimisme dan spirit pembangunan bangsa kita kedepannya," tuturnya.

Baca juga: Di Era Teknologi Informasi, Gus Muhaimin Tekankan Pentingnya Perlindungan Data Pribadi

Halaman
12
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved