Breaking News:

Momentum Sumpah Pemuda, Generasi Penerus Harus Tetap Konsisten di Poros Tengah

Hari ini 28 Oktober 2021, tepat 93 tahun yang lalu berlangsung peristiwa bersejarah bagi sejarah bangsa ini yakni dicetuskannya Sumpah Pemuda.

Editor: Elga H Putra
istimewa
JARNAS menggelar diskusi refleksi Hari Sumpah Pemuda. 

TRIBUNJAKARTA.COM - Hari ini 28 Oktober 2021, tepat 93 tahun yang lalu berlangsung peristiwa bersejarah bagi sejarah bangsa ini yakni dicetuskannya Sumpah Pemuda.

Para pemuda di masa itu sepakat berikrar bertanah air, berbangsa dan berbahasa satu yakni Indonesia.

Momentum Sumpah Pemuda selalu dijadikan refleksi untuk meneruskan cita-cita mulia bangsa ini.

Bagi Jaringan Aliansi Nasional (JARNAS), Sumpah Pemuda menjadikan momentum untuk merangkul kelompok anak muda baik individu maupun organisasi yang mempunyai visi untuk merawat kebhinekaan di Indonesia.

Ketua JARNAS. Rakhmat Pakaya mengatakan, pihaknya siap menjadi fasilitator untuk mencari Format Gagasan dalam membangun solusi terhadap cita-cita bernegara.

Baca juga: Hari Sumpah Pemuda, Bendera Merah Putih Dikibarkan di Tengah Sungai Cisadane Tangerang

"Intinya kami merupakan organ yang menaungi para aktivis yang masih berdinamika mencari jati diri dalam menghadapi tantangan global dan kesempatan serta peluang untuk menjadi sesuatu untuk negara ini," kata dia, Kamis (28/10/2021).

Sejatinya, ujar Rakhmat, pihaknya siap membangun sinergi dengan memberikan ide dan konsep serta solusi dengan cara berdialog dan koordinasi.

Dia mengingatkan bahwa pasca proklamasi kemerdekaan, pemuda sejatinya memposisikan diri berada pada poros tengah.

"Mengingat kita tidak lagi melawan penjajah, tetapi lebih terlibat aktif dalam perjalanan pembangunan bangsa," katanya.

Untuk itu, pihaknya meminta pemuda tetap konsisten berada di poros tengah untuk memberikan kritiknya kepada pemerintah secara objektif.

"Pada prinsipnya pemuda sebagai poros tengah melakukan kritik atau pun dukungan terhadap pemerintah adalah wujud nyata peran pemuda sampai hari ini mengawal perjalanan panjang sejarah peradaban ini," bebernya.

Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved