Belum Punya Sponsor, Pendanaan Klub Sepak Bola PCB Persipasi Masih Andalkan APBD Kota Bekasi

Klub sepak bola asal Kota Bekasi, PCB Persipasi baru saja diresmikan, pendataan operasi tim nantinya masih mengandalkan APBD

Penulis: Yusuf Bachtiar | Editor: Jaisy Rahman Tohir
Istimewa/Humas
Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi bersama jajaran kepengurusan klub sepak bola PCB Persipasi di Stadion Patriot, Selasa (9/11/2021). 

Laporan wartawan TribunJakarta.com, Yusuf Bachtiar

TRIBUNJAKARTA.COM, BEKASI SELATAN - Klub sepak bola asal Kota Bekasi, PCB Persipasi baru saja diresmikan, pendataan operasi tim nantinya masih mengandalkan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD).

Wali Kota Bekasi sekaligus Ketua Umum PCB Persipasi, Rahmat Effendi, mengatakan, sementara pihaknya bakal mengoptimalkan pendataan melalui anggaran daerah sambil memikirkan sumber pembiayaan lain.

"Kalau Liga 3 kan masih bisa, tapi kalau nanti sudah Liga 1 atau liga utama enggak boleh, itu kan ada tim pencari dana memang harusnya punya badan usaha yang bisa dalam bentuk profit untuk membiayai itu," kata pria yang akrab disapa Pepen, Selasa (9/11/2021).

Dia memastikan, pengelolaan PCB Persipasi bakal dilakukan secara profesional. Pembentukan badan usaha sejauh ini masih dikaji agar klub sepak bola asli Kota Bekasi tersebut dapat mendiri.

"Karena kan ini sudah berbadan hukum, artinya profesional makannya kita harus bisa menggali potensi untuk membiayai," jelas dia.

Sementara itu, Manajer Tim PCB Persipasi, Aan Suhanda, mengatakan, untuk mengarungi Liga 3 pihaknya masih mengandalkan APBD Kota Bekasi.

"Kita memang pertama masih boleh menggunakan APBD ya, tapi itu juga tidak mungkin full," kata Aan.

Penggunaan APBD diperkirakan hanya mampu memberikan sekitar 10 persen pembiayaan tim, sisanya manajemen dan pengurus klub akan mencari sponsor.

"Makanya kita cari pihak ketiga untuk membantu pendannaanya melalui iklan, mudah-mudahan dari situ membantu, kalo semata-mata dari APBD kita engga kuat," jelasnya.

Ketika ditanya sponsor klub, Aan mengaku, sejauh ini memang belum ada pihak ketiga atau swasta yang sepakat bekerja sama dengan PCB Persipasi.

Namun, manajemen klub tetap akan berusaha menawarkan pengajuan proposal ke sejumlah sponsor agar dapat membantu pendanaan klub.

Baca juga: Manajemen Targetkan PCB Persipasi Kota Bekasi Masuk Liga 2 Indonesia

"Belum sih (ada sponsor), kita liat nanti bantuan KONI seperti apa, tapi maksimal (sepenuhnya APBD) engga mungkin, karna itu harus ada upaya dalam proposal, harus berupaya bagaimana pendanaan ini," tegasnya.

Sebelumnya diberitakan, Klub sepak bola legendaris Persipasi akhirnya dimarger dengan Patriot Candrabhaga FC (PCB), keduanya selanjutnya menggunakan nama PCB Persipasi Kota Bekasi.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved