Breaking News:

Dibuat Tahun 1707, Sumur Tertua Peninggalan Belanda Ada di Museum Sejarah Jakarta

Selanjutmya, dikisahkan sumur berdiameter 230 Centimeter ini juga berfungsi sebagai sumber air minum kuda dan juga sebagai air minum bagi para tahanan

TribunJakarta.com/Pebby Adhe Liana
Sumur tua di Museum Sejarah Jakarta berada di Jalan Taman Fatahillah nomor 1, kawasan Kota Tua, Pinangsia, Taman Sari, Jakarta Barat, Rabu (10/11/2021). 

Laporan wartawan TribunJakarta.com, Pebby Adhe Liana

TRIBUNJAKARTA.COM, JAKARTA - Kawasan Kota Tua di Jalan Taman Fatahillah Jakarta Barat dikenal dengan daerah yang penuh bangunan peninggalan zaman kolonial Belanda.

Satu di antaranya bangunan bersejarah dan menjadi ikon Kota Tua tersebut adalah Gedung Museum Sejarah Jakarta atau dikenal Museum Fatahillah atau Museum Batavia.

Museum Sejarah Jakarta berada di Jalan Taman Fatahillah nomor 1, Pinangsia, Taman Sari, Jakarta Barat.

Sebelum diresmikan menjadi museum pada tahun 1974 oleh Gubernur Ali Sadikin, gedung ini dibangun sebagai Balai Kota di Batavia pada tahun 1707 di masa kepemimpinan Gubernur Jenderal Joan Van Hoorn.

Tak heran, bangunan bergaya arsitektur neoklasik ini masih menyimpan banyak peninggalan-peninggalan di masa lampau, seperti adanya penjara bawah tanah, hingga sumur Balai Kota di Batavia. 

Baca juga: Cara Asyik Belajar Sejarah Lewat Walking Tour di Jakarta

Konon, sumur tersebut merupakan salah satu sumur tertua di Batavia. 

Demikian dijelaskan oleh Kordinator Pemandu Wisata Unit Pengelola Museum Kesejarahan Jakarta, Amat Kusaini Al Alexs.

"(Sumur) Ini adalah satu sumur tertua di Batavia. Dulu fungsinya pada Zaman Belanda digunakan airnya untuk membangun gedung ini. Karena, memang pembangunan gedung ini perlu air," kata Alexs, Rabu (10/11/2021).

Baca juga: Anies Baswedan Ingin Ubah Nama Kota Tua Jadi Batavia: Ini Alasannya

Sumur ini, terletak di kawasan taman belakang Museum Sejarah Jakarta.

Sumur tua di Museum Sejarah Jakarta berada di Jalan Taman Fatahillah nomor 1, kawasan Kota Tua, Pinangsia, Taman Sari, Jakarta Barat, Rabu (10/11/2021).
Sumur tua di Museum Sejarah Jakarta berada di Jalan Taman Fatahillah nomor 1, kawasan Kota Tua, Pinangsia, Taman Sari, Jakarta Barat, Rabu (10/11/2021). (TribunJakarta.com/Pebby Adhe Liana)
Halaman
1234
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved