Berpotensi Lawan Bima Arya Hingga Putra Jokowi di Pilgub DKI, Zaki Iskandar Harus Kejar Popularitas

Pilgub DKI Jakarta 2024 mendatang diperkirakan tidak kalah seru dengan Pemilihan Presiden (Pilpres).

Istimewa
Gibran Rakabumin (kiri), Bima Arya (tengah) dan Ahmed Zaki Iskandar (kanan). 

TRIBUNJAKARTA.COM, JAKARTA - Pemilihan Gubernur atau Pilgub DKI Jakarta 2024 mendatang diperkirakan tidak kalah seru dengan Pemilihan Presiden (Pilpres).

Jika pada Pilpres, tokoh pemimpin selevel gubernur dan menterilah yang akan bertarung.

Nama seperti Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, sudah seliweran mendulang dukungan menyongsong 2024.

Sementara, untuk Pilgub DKI, para wali kota dan bupati terbaiklah yang akan bertarung.

Sebelumya, Partai Golkar mendorong Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar untuk hjrah ke Jakarta.

Pengamat Politik Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta, Adi Prayitno, mengatakan bahwa Jakarta adalah magnet.

Gibran ke Jakarta?

Zaki akan mendapat tantangan berat dari para tokoh lainnya.

Berdasarkan pengamatannya, Adi menyebutkan sejumlah nama yang berpotensi turut memperebutkan kursi yang saat ini diduduki Anies Baswedan.

Di antaranya adalah Wali Kota Bogor Bima Arya dan Wali Kota Surakarta sekaligus putra Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raka.

"Jakarta tentu jadi magnet banyak figur. Selain Zaki, ada nama Eko Patrio dan Bima Arya dari PAN juga digadang bakal maju."

"Termasuk anak Jokowi, Gibran selalu dikaitkan dengann Jakarta. Nama-nama mentereng tentunya," papar Adi, Jumat (12/11/2021).

Gibran Rakabuming Raka beorasi di atas panggung di halaman kantor DPD PDIP Jawa Tengah, Panti Marhaen, usai dirinya resmi mendaftar sebagai bakal calon wali kota Solo untuk periode 2020-2025, Kamis (12/12/2019).
Gibran Rakabuming Raka beorasi di atas panggung di halaman kantor DPD PDIP Jawa Tengah, Panti Marhaen, usai dirinya resmi mendaftar sebagai bakal calon wali kota Solo untuk periode 2020-2025, Kamis (12/12/2019). ((KOMPAS.com/RISKA FARASONALIA))

Baca juga: Tak Ada Nama Anies Baswedan, Golkar Usung Bupati Zaki Maju Pilgub DKI dan Airlangga untuk Pilpres

Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia itu menyebut Zaki Iskandar harus bekerja keras jika serius berkontestasi di Jakarta, terutama terkait popularitas.

"Zaki mesti kerja keras terutama meningkatkan popularitas dan elektabilitas ke warga DKI Jakarta. Sejauh ini belum banyak yang kenal Zaki," kata dia.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved