Breaking News:

Hari Diabetes Sedunia, Kenali Gejala Dininya dan Hindari Makanan Ini

Hari Diabetes Sedunia yang diperingati setiap 14 November, ditujukan untuk meningkatkan kesadaran akan isu penyakit diabetes.

Penulis: Ega Alfreda | Editor: Wahyu Septiana
Ace Maxs
Diabetes - Hari Diabetes Sedunia yang diperingati setiap 14 November, ditujukan untuk meningkatkan kesadaran akan isu penyakit diabetes. 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Ega Alfreda

TRIBUNJAKARTA.COM, TANGERANG - Hari Diabetes Sedunia yang diperingati setiap 14 November, ditujukan untuk meningkatkan kesadaran akan isu penyakit diabetes.

Kini, diabetes tak hanya menyerang orang usia lanjut, tetapi juga menyerang siapa saja tak terkecuali mereka yang masih tergolong muda.

"Maka dari itu, penting untuk mengetahui gejala dan upaya pencegahan. Sehingga, deteksi dan pengobatan dini dapat dilakukan. Terpenting," jelas Taty Damayanti selaku Direktur RSUD Kota Tangerang dalam keterangannya, Selasa (16/11/2021).

"Deteksi dini dapat mencegak komplikasi hingga meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan hidup seseorang," sambungnya.

Ia pun menjelaskan, mengetahui apakah seseorang mengalami diabetes atau tidak, tak cukup hanya dengan melihat dari gejalanya, perlu dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Baca juga: Jeruk Nipis Berkhasiat untuk Cegah Anemia hingga Diabetes, Simak Cara Mengonsumsinya

Sebab, gejala diabetes sangat luas dan bisa tidak menimbulkan gejala sama sekali.

Kendati demikian, secara umum terdapat sejumlah gejala diabetes yang patut dicurigai atau diperiksakan.

Diabetes UK Professional Conference
Diabetes UK Professional Conference (blogs.diabetes.org.uk)

Diantaranya, meningkatkan frekuensi buang air kecil, rasa haus berlebihan, penurunan berat badan tiba-tiba, kelaparan yang berlebihan.

Kemudian kulit jadi bermasalah, pandangan yang kabur, iritasi genital, pandangan yang kabur, kesemutan atau mati rasa, kelelahan berlebihan, penyembuhan yang lambat, mulut kering hingga gusi merah dan bengkak.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved