Breaking News:

Heboh Wayang Kulit Disebut dari Malaysia, Seniman Wayang Nanang Hape Angkat Bicara

Sebagai seorang seniman wayang Indonesia, Nanang Hape, menilai banyak sisi positif yang didapat dari peristiwa tersebut.

Kolase Instagram @adidassg dan @isser.whitey.james
Wayang Kulit yang diklaim dari Malaysia diaplikasikan di sepatu Adidas mengundang kritik netizen Indonesia di Instagram Adidas. 

Laporan wartawan TribunJakarta.com, Pebby Adhe Liana

TRIBUNJAKARTA.COM, JAKARTA - Beberapa hari lalu, sempat heboh brand sepatu ternama Adidas merilis produk terbaru dengan desain bergambar wayang.

Sayangnya, video trailer peluncuran produk tersebut yang diunggah oleh akun instagram resmi Adidas Singapura, mendapat kecaman dari warganet Indonesia.

Sebab, Adidas Singapura mengatakan wayang kulit yang menjadi desain produk baru sepatunya itu merupakan bagian dari budaya Malaysia.

Instagram @adidassg pun dibanjiri komentar netizen Indonesia yang kecewa dengan klaim tersebut.

Menanggapi hal ini, apa kata seniman di Indonesia?

Baca juga: Atta Bantah Gen Halilintar Diusir dari Malaysia, Sebut Keluarganya Sangat Patuh Prokes: Suka Aneh

Sebagai seorang seniman wayang Indonesia, Nanang Hape, menilai banyak sisi positif yang didapat dari peristiwa tersebut.

Salah satunya, terkait kepopularan wayang yang kini kembali menjadi topik hangat pembicaraan masyarakat.

"Kalau kamu protes, berati kamu merasa memiliki. Ya udah, kalau kamu merasa memiliki terhadap hal yang kamu miliki itu, selanjutnya kamu mesti gimana," ujar Nanang kepada  saat ditemui TribunJakaarta.com di Bentara Budaya Jakarta, Palmerah, Kamis (18/11/2021).

Seniman sekaligus kurator wayang Nanang Hape di Bentara Budaya Jakarta (BBJ), Palmerah, Jakarta Pusat, Kamis (18/11/2021).
Seniman sekaligus kurator wayang Nanang Hape di Bentara Budaya Jakarta (BBJ), Palmerah, Jakarta Pusat, Kamis (18/11/2021). (Wartakotalive.com/Ikhwana Mutuah Mico)

Bagi Nanang, protes masyarakat menjadi sebuah tanda bahwa mereka mempunyari rasa memiliki terhadap warisan budaya Indonesia.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved