Breaking News:

UMK Depok Naik Tahun 2022, Tinggal Menunggu Keputusan Wali Kota Idris

Tahun 2022 mendatang, Upah Minimum Kota (UMK) di Kota Depok dipastikan naik dan tinggal menunggu keputusan dari Wali Kota Depok, Mohammad Idris.

Penulis: Dwi Putra Kesuma | Editor: Wahyu Septiana
TRIBUNJAKARTA.COM/DWI PUTRA KESUMA
Wali Kota Depok, Mohammad Idris, saat meninjau pelaksanaan Gebyar Vaksinasi di Kantor Kecamatan Bojongsari, Kota Depok, Kamis (2/9/2021). 

Laporan Wartawan TribhnJakarta.com, Dwi Putra Kesuma

TRIBUNJAKARTA.COM, PANCORAN MAS - Tahun 2022 mendatang, Upah Minimum Kota/Kabupaten (UMK) di Kota Depok dipastikan naik dan tinggal menunggu keputusan dari Wali Kota Depok, Mohammad Idris.

Dilansir dari situs resmi pemerintah, Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Depok, Mohamad Thamrin, mengatakan, pihaknya akan menyampaikan rekomendasi usulan kenaikan UMK ini dalam waktu dekat.

"Kami akan sampaikan rekomendasi formula upah minimum di Kota Depok tahun 2022 kepada Bapak Wali Kota Depok, Mohammad Idris pada Senin 22 November 2021," ujar Thamrin, Sabtu (20/11/2021).

Thamrin mengatakan, satu di antara sejumlah pertimbangan usulan kenaikan UMK ini adalah berdasarkan formula yang terdapat dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 36 Tahun 2021 tentang pengupahan.

"Setiap tahun pasti ada kenaikan. Namun, untuk tahun ini tidak besar, karena terdapat perbedaan aturan dari tahun sebelumnya," ungkapnya.

Sebelum menggunakan PP Nomor 36 Tahun 2021 sebagai pertimbangan usulan kenaikan UMK, Thamrin berujar pihaknya, menggunakan PP Nomor 78 Tahun 2015 tentang Pengupahan dan UU Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan.

Selain itu, pertimbangan lainnya adalah rata-rata pendapatan per kapita, biaya konsumsi setiap rumah tangga dan anggota rumah tangga yang bekerja di setiap rumah.

"Semua itu sudah dihitung oleh BPS. Jadi Senin besok kami akan sampaikan formula upah minimum ke Pak Wali. Tentunya rekomendasi yang disampaikan tidak boleh keluar dari PP Nomor 36 Tahun 2021," pungkasnya.

Untuk informasi, saat ini UMK di Kota Depok sebesar Rp 4.339.514, setelah mengalami kenaikan dari yang sebelumnya sebesar Rp 4.202.105
 

Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved