Temukan Bangunan di Atas Saluran Air, Camat Kebayoran Lama Imbau Pemilik Bongkar Mandiri

Camat Kebayoran Lama Iwan Santoso mengatakan pihaknya terus memonitor bangunan di atas saluran air.

TribunJakarta.com/Annas Furqon Hakim
Salah satu bangunan yang difungsikan sebagai kafe di Jalan Kemang Utara, Bangka, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan berdiri di atas saluran air, Senin (15/11/2021). Camat Kebayoran Lama Iwan Santoso mengatakan pihaknya terus memonitor bangunan yang berdiri di atas saluran air. 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Annas Furqon Hakim

TRIBUNJAKARTA.COM, KEBAYORAN LAMA - Camat Kebayoran Lama Iwan Santoso mengatakan pihaknya terus memonitor bangunan di atas saluran air.

Iwan mengakui masih sejumlah bangunan di atas saluran air di wilayahnya.

"Memang masih ada beberapa bangunan di atas kali. Sampai saat ini tetap kami imbau dan mungkin tidak hanya diatas kali ,di pinggiran kali yang menjorok ke kali itu mungkin untuk Kebayoran Lama lebih banyak," kata Iwan saat dikonfirmasi, Senin (22/11/2021).

Bahkan, menurut Iwan, terdapat area parkir rumah ibadah yang ada di atas kali. Namun tidak bersifat bangunan permanen.

Ia mengimbau para pemilik bangunan di atas saluran air untuk melakukan pembongkaran secara mandiri.

"Yang sifatnya permanen kita berikan teguran dan imbauan untuk dilakukan bongkar mandiri, karena kalau kita penertiban belum ada program penertiban untuk bangunan di atas kali. Kita harus berkoordinasi dengan Dinas Tata Air, Satpol PP dan Cipta Karya," ujar dia.

Baca juga: Ogah Ditindak Satpol PP, Bangunan di Atas Saluran Air Kemang Akan Dibongkar Mandiri Pemiliknya

Baca juga: Soal Pembongkaran Bangunan Kafe di Atas Saluran Air di Kemang, Kasatpol PP Jaksel: Kami Siap

Di sisi lain, Iwan memastikan program terkait pencegahan banjir seperti gerebek lumpur masih terus berjalan hingga saat ini.

"Setiap hari Minggu ada gerebek lumpur, salah satunya invetarisasi temuan-temuan, baik bangunan maupun hal-hal lain di atas kali yang tidak sesuai ketentuan," tutur Iwan.

Bangunan di Atas Saluran Air Kemang Akan Dibongkar Mandiri Pemiliknya

Bangunan yang berdiri di atas saluran air di Jalan Kemang Utara, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, Selasa (16/11/2021).
Bangunan yang berdiri di atas saluran air di Jalan Kemang Utara, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, Selasa (16/11/2021). (Annas Furqon Hakim/ Tribun Jakarta)

Wali Kota Jakarta Selatan, Munjirin memastikan bangunan yang berdiri di atas saluran air di Jalan Kemang Utara, Bangka, Mampang Prapatan, akan dibongkar secara mandiri oleh pemiliknya.

Setidaknya terdapat lima bangunan yang berdiri di atas saluran air di kawasan tersebut.

Dua bangunan di antaranya difungsikan sebagai kafe. Masing-masing satu bangunan lainnya digunakan sebagai kantor dan bengkel sepeda.

Sementara, terdapat satu bangunan yang tidak digunakan alias kosong.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved