Breaking News:

158 Ribu Alat Makan Bahan Melamin Asal China Tak Sesuai SNI Dimusnahkan, Sebagian Sudah Beredar

Ratusan ribu alat makan dan minum berbahan melamin asal China itu dimusnahkan karena pada suhu tertentu bisa berdampak bahaya pada kesehatan masyaraka

TribunJakarta.com/Gerald Leonardo Agustino
Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (PPKUKM) DKI Jakarta memusnahkan 158.488 produk peralatan makan dan minum berbahan melamin asal China di halaman kantor Dinas PPKUKM DKI Jakarta, Kelapa Gading, Jakarta Utara, Selasa (23/11/2021). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Gerald Leonardo Agustino

TRIBUNJAKARTA.COM, KELAPA GADING - Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (PPKUKM) DKI Jakarta memusnahkan 158.488 produk peralatan makan dan minum berbahan melamin asal China di halaman kantor Dinas PPKUKM, Kelapa Gading, Jakarta Utara, Selasa (23/11/2021).

Produk-produk seperti piring, mangkok, gelas, centong, hingga sendok asal China tersebut dimusnahkan lantaran tidak sesuai standar nasional Indonesia (SNI).

"Ini dalam rangka menertibkan pengawasan di bidang perdagangan dan perlindungan konsumen kepada masyarakat yang ada di Jakarta," ujar Kepala Dinas PPKUKM DKI Jakarta Elisabeth Ratu Rante Allo.

Perangkat makan dan minum yang tidak sesuai SNI itu merupakan barang dari China yang diimpor oleh salah satu perusahaan di Jakarta.

Ratusan ribu alat makan dan minum berbahan melamin produk asal China itu dimusnahkan karena pada suhu tertentu bisa berdampak bahaya pada kesehatan masyarakat.

Baca juga: Mengandung Bakteri Jahat, 1.083 Bibit Tanaman Hias Asal China Dimusnahkan di Bandara Soekarno-Hatta

"Ini ditemukan sudah beredar di pasar, di market place dan kami lalu menindaklanjuti dari laporan masyarakat," kata Elisabeth.

Sementara itu, Dinas PPKUKM hanya memberikan sanksi teguran dan penarikan barang terhadap perusahaan yang mengimpor produk asal China berbahaya tersebut.

Baca juga: Viral, Menteri BUMN Erick Thohir Kaget Toilet SPBU Pertamina Bayar: Padahal Sudah Bisnis Bensin 

Baca juga: Viral Video Suntik Vaksin Diduga Kosong di Pluit, Orangtua Murid Khawatir: Hal Ini Berbahaya

Hal itu lantaran perusahaan yang mengimpor produk tidak sesuai SNI tersebut sudah kooperatif.

"Tidak ada sanksi pidana karena perusahaannya sudah kooperatif," tutup Elisabeth.

Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (PPKUKM) DKI Jakarta memusnahkan ratusan ribu produk perangkat makan-minum berbahan melamin tak sesuai SNI, Selasa (23/11/2021).

Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved