Breaking News:

Anies Ganti Nama Jalan Inspeksi Kalimalang jadi Laksamana Malahayati, Pahlawan dari Aceh

Peresmian nama jalan ini dilakukan di Balai Kota DKI Jakarta pada Selasa (23/11/2021) dan dihadiri Gubernur Aceh Nova Iriansyah dan Ketua Perkumpulan

Istimewa
Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Anies Baswedan meresmikan nama Jalan Laksamana Malahayati, sebagai pengganti nama Jalan Inspeksi Kalimalang Sisi Sebelah Utara, Jakarta Timur. 

Laporan wartawan TribunJakarta.com, Pebby Adhe Liana

TRIBUNJAKARTA.COM, JAKARTA - Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Anies Baswedan meresmikan nama Jalan Laksamana Malahayati, sebagai pengganti nama Jalan Inspeksi Kalimalang Sisi Sebelah Utara, Jakarta Timur.

Anies mengatakan, penggantian nama jalan ini dilakukan sebagai bentuk penghormatan dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Pahlawan Nasional Laksamana Malahayati, keluarga besarnya, dan juga kepada masyarakat Aceh pada umumnya.

Peresmian nama jalan ini dilakukan di Balai Kota DKI Jakarta pada Selasa (23/11/2021) dan dihadiri Gubernur Aceh Nova Iriansyah dan Ketua Perkumpulan Masyarakat Aceh, Surya Dharma, secara daring.

"Masyarakat Aceh memiliki peran penting dalam sejarah panjang kemerdekaan bangsa Indonesia. Aceh telah melahirkan begitu banyak pahlawan yang dikenal di tingkat nasional mulai dari Teuku Umar, Sultan Iskandar Muda, Teungku Chik di Tiro, Cut Nyak Dhien, Cut Nyak Meutia, Teuku Nyak Arif, dan Teuku Muhammad Hasan," kata Anies dalam keterangan tertulis yang diterima TribunJakarta.com, Selasa (23/11/2021).

Baca juga: Tuai Kontroversi, Pemprov DKI Surati KBRI Turki Minta Usulan Nama Jalan Ataturk Diubah Jadi Istanbul

Pergantian nama jalan ini, dilakukan berdasarkan Keputusan Gubernur Nomor 1242 Tahun 2021 tentang Penetapan Nama Jalan Laksamana Malahayati menggantikan Nama Jalan Inspeksi Kalimalang Sisi Sebelah Utara.

Jalan Laksamana Malahayati memiliki panjang lebih kurang 7,6 kilometer, dimana jalan tersebut melintasi Kelurahan Pondok Kelapa, Kelurahan Duren Sawit, Kelurahan Pondok Bambu, Kecamatan Duren Sawit dan Kelurahan Cipinang Muara, Kelurahan Cipinang Besar Selatan, Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur. 

Selain itu, jalan ini juga merupakan salah satu akses masuk dari Jakarta Timur menuju Kota/Kabupaten Bekasi atau sebaliknya.

Baca juga: Tahapan Pembongkaran Dimulai, Pihak Kafe di Atas Saluran Air di Kemang Pindahkan Barang-Barang

Pun demikian, saat ini sudah terdapat 5 plang nama Jalan Laksamana Malahayati yang terpasang pada ruas jalan dimaksud.

Dengan diresmikannya nama Jalan Laksamana Malahayati, diharapkan hubungan persatuan antar masyarakat Jakarta dan Aceh juga semakin erat.

"Kami menyadari bahwa Laksamana Malahayati telah menjadi aset yang luar biasa, tidak hanya bagi warga Aceh, tetapi juga bagi bangsa dan negara. Penetapan nama Jalan Laksamana Malahayati di salah satu ruas jalan di Jakarta diharapkan dapat semakin mempererat hubungan persahabatan yang hangat antara masyarakat Aceh dan Jakarta," tambah Anies.

Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved