Breaking News:

Dapat Instruksi dari Pertamina, SPBU di Blok A Jaksel Kini Mulai Pasang Stiker Toilet Gratis

Sebuah SPBU di kawasan Blok A, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan mulai memasang stiker toilet gratis, Selasa (23/11/2021).

Penulis: Annas Furqon Hakim | Editor: Wahyu Septiana
TRIBUNJAKARTA.COM/ANNAS FURQON HAKIM
Sebuah SPBU di kawasan Blok A, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan mulai memasang stiker toilet gratis, Selasa (23/11/2021). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Annas Furqon Hakim

TRIBUNJAKARTA.COM, KEBAYORAN BARU - Sebuah SPBU di kawasan Blok A, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan mulai memasang stiker toilet gratis, Selasa (23/11/2021).

Seorang petugas SPBU, Royadi, mengatakan pemasangan stiker gratis itu merupakan instruksi dari Pertamina.

Tujuannya, jelas dia, untuk mengantisipasi penggunaan toilet berbayar untuk warga maupun pengendara.

"Tadi ada instruksi dari Pertamina soal penggunaan toilet harus gratis. Kami buat ini ( stiker)," kata Royadi di lokasi.

Royadi tidak memungkiri banyak SPBU yang mengharuskan warga membayar saat menggunakan toilet.

Baca juga: Viral, Menteri BUMN Erick Thohir Kaget Toilet SPBU Pertamina Bayar: Padahal Sudah Bisnis Bensin 

Namun, ia mengatakan SPBU tempatnya bekerja tidak pernah mematok tarif tertentu kepada pengguna toilet.

"Selama SPBU ini berdiri kami juga tidak ada pembayaran untuk penggunaan toilet bagi masyarakat atau orang yang isi bensin di sini," ujar dia.

Sebuah SPBU di kawasan Blok A, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan mulai memasang stiker toilet gratis, Selasa (23/11/2021).
Sebuah SPBU di kawasan Blok A, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan mulai memasang stiker toilet gratis, Selasa (23/11/2021). (TRIBUNJAKARTA.COM/ANNAS FURQON HAKIM)

Di sisi lain, ia mengakui ada pihak yang pernah menawarkan pengelolaan toilet.

"Di sini juga pernah ditawari. Untuk toiletnya dikontrak dan dikelola. Beberapa yang bayar juga seperti itu, dikontrak beberapa waktu untuk wilayah, nanti dia yang bersihkan, tapi nanti penggunaan toilet itu bayar," tutur Royadi.

Sebelumnya, Menteri BUMN Erick Thohir terlibat percakapan dengan penjaga toilet di sebuah SPBU di Probolinggo, Jawa Timur.

Erick Thohir merasa heran karena fasilitas umum yang tersedia untuk masyarakat itu harus dipungut biaya sampai Rp 4 ribu sekali pakai.

Atas hal itu, dia meminta kepada direksi Pertamina untuk memperbaiki mekanisme tersebut dengan menggratiskan seluruh toilet di semua SPBU Pertamina yang dikelola langsung oleh Pertamina maupun yang bekerja sama dengan swasta.

Tangkap layar - Menteri BUMN Erick Thohir kaget saat tahu harus membayar jika ingin menggunakan fasilitas toilet di salah satu SPBU Pertamina, Kecamatan Malasan, Probolinggo, viral di media sosial.
Tangkap layar - Menteri BUMN Erick Thohir kaget saat tahu harus membayar jika ingin menggunakan fasilitas toilet di salah satu SPBU Pertamina, Kecamatan Malasan, Probolinggo, viral di media sosial. (Instagram/@erickthohir)

"Kepada direksi Pertamina, saya mengharapkan fasilitas umum seperti ini harusnya gratis, karena kan sudah dapat (keuntungan) dari penjualan bensin, sudah gitu itu ada juga toko kelontongnya. Jadi masyarakat mestinya mendapatkan fasilitas tambahan," kata Erick Thohir seperti dikutip dari akun Instagram resminya @erickthohir, Selasa (23/11/2021).

Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved