Breaking News:

UMK Bekasi 2022 Cuma Naik Rp 33 Ribu, Perwakilan Pekerja Sebut Tida Ada Ruang Diskusi

M. Indrayana, anggota Dewan Pengupahan Kota (Depeko) Bekasi dari unsur pekerja mengatakan, penetapan usulan tersebut dinilai tak ada ruang diskusi.

Penulis: Yusuf Bachtiar | Editor: Jaisy Rahman Tohir
M. Agus Fauzul Hakim/Kompas.com
Ilustrasi uang koin 

Laporan wartawan TribunJakarta.com, Yusuf Bachtiar

TRIBUNJAKARTA.COM, BEKASI SELATAN - Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi mengklaim sudah sepakat mengusulkan kenaikan Upah Minimum Kabupaten/Kota (UMK) 2022 sebesar 0,71 persen atau Rp33.000.

M. Indrayana, anggota Dewan Pengupahan Kota (Depeko) Bekasi dari unsur pekerja mengatakan, penetapan usulan tersebut dinilai tak ada ruang diskusi.

"Kalau dari tata tertib sudah ditutup pintu diskusi maka kami nyatakan untuk kami tidak lagi bertanggung jawab atas segala putusan yang ada di Depeko Bekasi," kata Indrayana, Selasa (23/11/2021).

Dia menjelaskan, rapat final pembahasan kenaikan UMK 2022 digelar Depeko Bekasi pada Jumat (19/11/2021) lalu.

Indrayana yang merupakan anggota Depeko Bekasi dari unsur pekerja menceritakan, usulan nilai kenaikan UMK mengacu pada Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 36 tahun 2021 tentang pengupahan.

"Itu hasil output dari rumusan PP 36 (2021), jadi Depeko dari unsur pemerintah kemarin angka-angka disetorin sama BPS maka keluarlah outpunya 0,71 itu," jelas dia.

Depeko dari unsur pemerintah dalam dalam hal ini Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Bekasi, tidak memberikan ruang diskusi kepada anggota Depeko dari unsur lain.

"Gini, nilai itu kan muncul ketika kami melakukan diskusi memang secara tertulis sudah kami sampaikan bahwa kami menginginkan kenaikan yang memang pantas untuk Kota Bekasi kisaran 9 - 10 persen," ucapnya.

Lantaran tak diberikan ruang diskusi, seluruh anggota Depeko dari unsur pekerja berjumlah tujuh orang sepakat walk out dari rapat final pembahasan kenaikan UMK 2022.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved