Breaking News:

Museum Layang-Layang Indonesia Bertahan di Tengah Pandemi Demi Tetap Promosikan Tradisi

Layang-layang mungkin dianggap hanya satu dari sejumlah permainan yang kerap dimainkan di masa kecil. Yuk kunjungi Museum Layang-layang Indonesia.

TribunJakarta.com/Pebby Adhe Liana
Museum Layang-Layang Indonesia, terletak di Jalan H. Kamang, Pondok Labu, Jakarta Selatan. 

Laporan wartawan TribunJakarta.com, Pebby Adhe Liana

TRIBUNJAKARTA.COM, JAKARTA - Sebagian masyarakat, mungkin menganggap layang-layang hanya satu dari beberapa jenis permainan yang kerap dimainkan di masa kecil.

Namun, lebih dari itu. Di beberapa daerah, layang-layang juga banyak dilibatkan dalam sebuah upacara ritual pada masyarakat adat tertentu.

Tak hanya di Indonesia saja, permainan layang-layang juga banyak dikenal di beberapa negara.

Pengetahuan seputar layang-layang ini, bisa Anda ketahui kalau berkunjung ke Museum Layang-Layang Indonesia, yang berlokasi di Pondok Labu, Jakarta Selatan.

Museum Layang-Layang Indonesia, merupakan museum yang didirikan oleh seorang pakar kecantikan, Endang W Puspoyo.

Baca juga: Berkunjung ke Museum Layang-layang Indonesia, Pengunjung Bisa Buat hingga Tahu Sejarah Layang-Layang

Kecintaannya terhadap layang-layang, membuat Endang akhirnya memutuskan untuk mendirikan museum ini dengan tujuan memperkenalkan sekaligus mempromosikan layang-layang kepada masyarakat yang lebih luas.

"Sebelum ada museum ini, kita memang aktif di komunitas layang-layang. Aku sendiri main layangan dari umur 4 atau 5 tahun, itu sudah diajak ibu. Jaman dulu, ada festival layang-layang di Jakarta, di daerah-daerah juga banyak. Dari situ berkembang, dan kita akhirnya putuskan untuk bikin Museum Layang-Layang," kata Radityo Puspoyo selaku Kepala Museum Layang-Layang Indonesia yang juga merupakan anak dari Endang W. Puspoyo, Kamis (25/11/2021).

Museum Layang-Layang Indonesia, terletak di Jalan H. Kamang, Pondok Labu, Jakarta Selatan.
Museum Layang-Layang Indonesia, terletak di Jalan H. Kamang, Pondok Labu, Jakarta Selatan. (TribunJakarta.com/Pebby Adhe Liana)

Museum Layang-Layang Indonesia, menampilkan ratusan koleksi layang-layang tradisional dari seluruh penjuru Tanah Air.

Bertujuan untuk memperkenalkan kembali layang-layang tradisional tersebut kepada generasi saat ini, awal mulanya memang museum ini menyasar kepada anak-anak.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved