Breaking News:

Formula E

Presiden Jokowi Penentu Lokasi Sirkuit Formula E, Wagub DKI: Pempus Memberi Perhatian Lebih

Sebab, kata Ariza, penyelenggaraan Formula E tak serta merta menyoal pada Jakarta, tapi menyangkut nama baik Indonesia di mata dunia internasional.

Kolase Tribun Manado
Ajang Formula E dijadwalkan digelar di Jakarta pada 2022 - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Nur Indah Farrah Audina

TRIBUNJAKARTA.COM, GAMBIR - Pemprov DKI Jakarta mengapresiasi keterlibatan pemerintah pusat dalam ajang balap Formula E Jakarta 2022.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan jika Presiden Jokowi yang akan menentukan lokasi sirkuit Formula E Jakarta 2022, hal itu menunjukkan dukungan dan perhatian lebih dari pemerintah pusat.

Ariza atas nama Pemprov DKI Jakarta menyampaikan terima kasih atas dukungan dan perhatian tersebut.

"Terkait dengan dukungan dari pemerintah pusat, tentu kami sangat bersyukur dan berterima kasih atas dukungan bantuan selama ini dari pemerintah pusat kepada Pemrov DKI Jakarta. Ya memang kalau ada keinginan pemerintah pusat untuk terlibat aktif, tentu kami sangat senang dan bersyukur itu artinya pemerintah pusat memberi perhatian yang lebih," kata Ariza di Balai Kota DKI Jakarta, Gambir, Jakarta Pusat, Kamis (25/11/2021).

Baca juga: Bukan Anies, Presiden Jokowi Lah yang Putuskan Lokasi Balap Formula E di Jakarta

Politikus Gerindra ini menilai penunjukan lokasi Formula E oleh Presiden Jokowi menjadi sinyal bahwa pemerintah pusat memberi perhatian lebih terhadap ajang balap mobil listrik bertaraf Internasional ini.

Sebab, kata Ariza, penyelenggaraan Formula E tak serta merta menyoal pada Jakarta, tapi menyangkut nama baik Indonesia di mata dunia internasional.

"Tentu semuanya demi kebaikan seluruh warga Jakarta, terkait nanti titik mana yang ditunjuk, kami serahkan kepada aturan dan ketentuan yang ada, yang sudah diatur oleh pihak Formula E. Semua ada syarat yang harus dipenuhi. Tentu harapan kita tempat yang ditunjuk nanti tempat yang terbaik bagi kepentingan semua," tandasnya.

Baca juga: Jokowi Jadi Penentu Sirkuit Formula E, Ketua DPRD DKI Anggap Bamsoet Ngawur: Tak Perlu Bawa Presiden

Meski digelar di Jakarta, lokasi penyelenggaraan Formula E bukan diputuskan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Diberitakan sebelumnya, Chief Championship Officer sekaligus Co-founder Formula E Alberto Longo dan Ketua Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo menyampaikan ada lima opsi untuk lokasi ajang balapan Formula E Jakarta yang akan digelar pada 4 Juni 2022 mendatang. 

Suasana konferensi pers Formula E di Kawasan Menteng, Jakarta Pusat pada Rabu (24/11/2021).
Suasana konferensi pers Formula E di Kawasan Menteng, Jakarta Pusat pada Rabu (24/11/2021). (TribunJakarta.com/ Satrio Sarwo Trengginas)

Setelah dilakukan studi kelayakan, mereka akan mengajukan lokasi tersebut kepada Presiden Jokowi.

"Mudah-mudahan sebelum Natal sudah ada keputusannya. Kita akan melanjutkan proposal kepada Presiden Republik Indonesia dan beliaulah yang akan mengambil keputusan," ujar Alberto dalam konferensi pers di Black Stone Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (24/11/2021).

Lima opsi lokasi sirkuit Formula E Jakarta yakni Jalan Jenderal Sudirman (Jakarta Pusat), Pantai Indah Kapuk (Jakarta Utara), sekitar Jakarta International Stadium atau JIS (Jakarta Utara), Jakarta International Expo Kemayoran (Jakarta Pusat) dan Ancol (Jakarta Utara).

Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved