Mengenang Mangkunegoro VI, Raja Jawa Revolusioner: Pendiri Sekolah Perempuan dan Pendobrak Tradisi

Syahdan, hidup seorang Raja Jawa yang melompati zamannya dan memimpin dengan gaya modern tanpa melepaskan tapak kakinya dari tanah tradisi.

Istimewa
Cagar Budaya Astana Oetara. 

TRIBUNJAKARTA.COM - Syahdan, hidup seorang Raja Jawa yang melompati zamannya dan memimpin dengan gaya modern tanpa melepaskan tapak kakinya dari tanah tradisi.

Sosok tersebut adalah Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Aryo (K.G.P.A.A.) Mangkunegoro VI, pemimpin Kadipaten Mangkunegaran di Surakarta pada tahun 1896 hingga 1916. 

Kini setelah ratusan tahun, kisah hidupnya kembali dibaca, dan diperbincangkan.

Hal itulah yang dilakukan Cagar Budaya Astana Oetara bersama Penerbit Buku Kompas.

Mereka menyelenggarakan kegiatan bincang virtual bertajuk “The Game Changer Ala Mangkunegoro VI”.  Acara ini diselenggarakan dalam rangka memperingati 125 Tahun Jumenengan (naik takhta) Mangkunegoro VI.

Dalam acara ini, turut diperkenalkan sebuah buku berjudul Mangkunegoro VI Sang Reformis, Sebuah Biografi yang diterbitkan oleh Penerbit Buku Kompas. Buku ini ditulis oleh sekelompok anak muda pecinta sejarah yang tergabung dalam History Inc.

Tiga narasumber dihadirkan untuk memberikan perspektif yang beragam dari sudut pandang profesinya masing-masing. Narasumber tersebut adalah Dekan Fakultas Ilmu Budaya Universitas Indonesia Bondan Kanumoyoso, Pendiri Rumah Keratonan Krisnina Akbar Tandjung dan Pendiri IKAT Indonesia dan Edukator Wira Usaha Didiet Maulana.

Sedikit tentang sosok Raja Sawa Revolusioner itu, Mangkunegoro VI sangat berpikiran terbuka kendati tetap memegang kebijaksanaan dan nilai-nilai luhur.

Secara latar pendidikan, Mangkunegoro VI mengenyam pendidikan di sekolah Belanda, Europeesche Lagere School (ELS). 

Ia juga peduli dengan pendidikan dan kesetaraan hingga membuat sekolah khusus perempuan yang menggunakan kurikulum pendidikan Eropa bernama Siswa Rini.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved