Antisipasi Virus Corona di Depok

Waspada Gelombang Ketiga Covid-19, RSUD Depok Siapkan 10 Ton Oksigen Medis

Dirut RSUD Kota Depok, Devi Maryori, mengatakan, pada gelombang dua sempat terjadi kelangkaan oksigen medis untuk pasien Covid-19.

Dwi Putra Kesuma / Tribun Jakarta
Dirut RSUD Depok, Devi Maryori, saat dijumpai wartawan pada Rabu (1/12/2021). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Dwi Putra Kesuma

TRIBUNJAKARTA.COM, PANCORAN MAS - Belajar dari gelombang dua Covid-19 yang melanda Indonesia pada medio 2021, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Depok mulai bersiap menghadapi potensi gelombang tiga yang diprediksi akan melanda pada Desember ini.

Dirut RSUD Kota Depok, Devi Maryori, mengatakan, pada gelombang dua sempat terjadi kelangkaan oksigen medis untuk pasien Covid-19.

"Belajar dari gelombang kedua kemaren yang tiba-tiba seperti air bah ya. Pada saat itu sampai terjadi kelangkaan oksigen," jelas Devi di RSUD Kota Depok, Sawangan, Rabu (1/12/2021).

Untuk mengantisipasi terjadinya kelangkaan oksigen medis ini, Devi mengatakan pihaknya telah memiliki tangki oksigen berkapasitas 10 ton.

"Kami sudah mengantisipasi kelangkaan oksigen tersebut, kami sudah mepunyai tangki oksigen degan kapasitas 10 ton," ungkapnya.

Tak cuma itu, pihaknya juga menyiapkan tabung-tabung oksigen medis yang jumlahnya mencapai ratusan.

"Kita juga sudah punya oksigen konsentrator, jadi udara dari lingkungan sekitar bisa langsung dipake. Kita punya 30 alat. Maksimal dari masing-masing produksinya maksimal lima liter. Bisa dipakai terus-terusan alatnya," 

"Oksigen tabung juga kita banyak ya, 100 tabung ada yang kapasitas enam liter," timpalnya.

Baca juga: Ada Varian Omicron, Wagub Ariza Berharap Tak Adan Lonjakan Covid Saat Libur Natal dan Tahun Baru

Terakhir, Devi berujar pihaknya juga telah menyiapkan antisipasi gelombang tiga ini dari sisi lainnya, mulai dari SDM (nakes), sarana dan prasarana, hingga yang lainnya.

"Jadi kami sudah mengantisipasi kejadian-kejadian apapun yang akan muncul dan selalu mendengar isu-isu yang akan muncul. Jadi kita sudah menyiapkan untuk SDM (Sumber Daya Manusia), ruangan, sarpras," pungkasnya.

Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved